Senin, 09 Sep 2019 14:02 WIB

Sebentar Lagi Jack Ma Undur Diri

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: Reuters Foto: Reuters
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun
Jakarta - Jack Ma pensiun sebentar lagi, meninggalkan Alibaba, raksasa e-commerce yang dibesarkannya. Ya, setahun silam, pria berusia 55 tahun ini mengumumkan akan mundur sebagai chairman Alibaba dan kini, waktunya sudah tiba.

Dikutip detikINET dari Economic Times, Ma dipastikan resmi meninggalkan Alibaba pada 10 September atau Selasa besok, tepat pada hari ulang tahunnya.

Usai pensiun, ia mengaku bakal menghabiskan waktunya untuk beramal, terkhusus di bidang pendidikan. Dulu sebelum merintis Alibaba, Ma adalah seorang guru sehingga wajar jika dia mencintai dunia edukasi.




Ma mendirikan Alibaba bersama para rekan pada tahun 1999. Sejak itu, pertumbuhan Alibaba tak terbendung dan Ma menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Harta terkininya menurut Forbes di kisaran USD 41 miliar.

Penggantinya sudah diumumkan sejak setahun silam, yakni Daniel Zhang. Sekarang CEO Alibaba, dia akan meneruskan posisi Jack Ma sebagai chairman. Ke depan Ma masih akan menjadi penasihat Alibaba.

Suksesi yang mulus dan budaya bagus yang ia tinggalkan di Alibaba membuat Ma banyak dipuji. "Dia sungguh membangun budaya yang kuat di Alibaba dan mereka masih gila berinovasi," kata Jeffrey Towson, profesor di Peking University.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun