Sabtu, 07 Sep 2019 21:17 WIB

Melihat Kampung Blogger Magelang yang Masih Eksis

Eko Susanto - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Eko Susanto/detikcom Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Di Kota Magelang, terdapat Kampung Blogger yang tetap eksis hingga sekarang. Bahkan kerap dijadikan tempat studi banding, dan sering diundang untuk berbagi informasi.

Kampung Blogger sendiri berdiri pada 2010, tapi aktivitas ngeblog warga di sana sudah dilakukan sejak 2009.


Berdirinya Kampung Blogger dipelopori oleh Sumbodo Malik. Sosoknya dikenal kerap mengajarkan tentang blog maupun dunia online.

"Pada waktu itu, yang pertama membawa ilmu tentang blogging atau dunia online Mas Sumbodo Malik dari kampung sini, Menowo," kata Wahyu Setyo Utomo, Ketua Kampung Blogger saat ditemui di rumahnya.

"Dia (Sumbodo Malik) dapat ilmunya ketika bekerja di Jakarta. Ketika sudah bagus menghasilkan, banyak teman-teman kerja yang ikut ngeblog dan malah fokus disana (ngeblog)," sambung pria yang kerap disapa Tomo itu.

Melihat Kampung Blogger Magelang yang Masih Eksis Wahyu Setyo Utomo, Ketua Kampung Blogger. Foto: Eko Susanto/detikcom

Saat itu hasil ngeblog dirasa Tomo menggiurkan. Bagaimana tidak, kerjanya tidak sampai seharian tapi penghasilannya bisa jauh dari gaji kantoran.

"Karena memang masih relatif baru dan pesaingnya masih sedikit. Peluangnya gede, tapi pesaingnya sedikit," ujar Tomo.

Lantaran menjanjikan membuat banyak warga kampung tergerak belajar blog. Tidak disangkanya peminat meluas, ada peserta dari luar kota yang ikut belajar.


Agar makin memudahkan dalam proses belajar dibuatlah grup Facebook Kampung Blogger. Grup tersebut dijadikan media untuk sharing.

Saat ini anggota Kampung Blogger hanya tersisa 50 orang. Padahal dulunya tembus 100 orang anggota.

"Dulu bisa 100 lebih anak kampung sini, kalau sekarang nggak ada 50 yang masih aktif, kampung sini, Menowo. Kalau yang di luar tetap banyak, jadi terfilter dengan sendirinya karena konsisten, ketika kita harus membuat website yang berkualitas supaya bisa menghasilkan di situ diuji kita benar-benar bisa konsisten nggak," ujar Tomo.

(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com