Selasa, 03 Sep 2019 17:36 WIB

GoGreener Buat Biaya Operasional Merchant Ini Makin Hemat

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Foto: Dok Gojek Foto: Dok Gojek
Jakarta - Sejak diluncurkan pertengahan Juli lalu, GoGreener disambut baik oleh banyak mitra merchant GoFood. Salah satu mitra merchant yang sangat antusias dengan layanan ini yaitu Meatbox Quick. Usaha kuliner Meatbox Quick mulai menampilkan opsi pilihan alat makan terpisah di halaman restonya lewat layanan GoFood.

Owner Meatbox Quick, Aussie An mengatakan bahwa GoGreener memberinya kesempatan melakukan bisnis operasional ramah lingkungan yang difasilitasi oleh teknologi GoFood. Selain itu, program ini juga memotivasinya untuk dapat saling mengingatkan dan mengedukasi pembeli tentang rasa peduli terhadap lingkungan.


"Setidaknya konsumen yang biasa pesan GoFood di Meatbox Kitchen sudah sadar untuk selalu menyiapkan alat makan sendiri tanpa menggunakan sendok plastik" ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (2/9/2019).

Meatbox Quick, mulai bergabung menjadi mitra merchant GoFood di akhir 2017. Semenjak bergabung di ekosistem GoFood, Meatbox Quick mengalami peningkatan rata-rata transaksi hingga 500%.

Kemudian, lanjutnya, pada Juli 2019 Meatbox Quick bergabung dalam program GoGreener. Sejak saat itu, usaha kuliner ini berhasil menghemat 10% biaya operasional karena tidak perlu menyediakan alat makan plastik sekali pakai untuk pembeli.

"Selain tentunya dapat meringankan biaya operasional hingga 10%, yang lebih penting lagi, hal tersebut (inisiatif GoGreener) bisa dijadikan sebagai bentuk kontribusi nyata yang dilakukan pemilik restoran untuk mendukung dan menciptakan kebiasaan ramah lingkungan," ujarnya.

Sebagai penyedia layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, GoFood menyadari pentingnya mendukung bisnis berkelanjutan yang berbasis lingkungan. Oleh karena itu, GoFood berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan tujuan tersebut.


Salah satunya ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Gojek. Penandatanganan kerja sama itu terfokus pada edukasi perilaku bisnis, pelayanan, dan konsumsi yang ramah lingkungan yang tergabung dalam ekosistem GoFood untuk mitra merchant, mitra driver, dan pelanggan setianya.

Cara mewujudkannya yakni melalui pilihan untuk tidak menyertakan alat makan sekali pakai dalam pemesanan makanan. Selain itu, GoFood juga menyediakan tas pengantaran yang dirancang khusus untuk mitra driver agar tidak perlu menggunakan kantong plastik sekali pakai. Dengan begitu, GoFood menjadi layanan pertama dari aplikasi Gojek yang menjalankan inisiatif GoGreener.

Simak Video "Gojek Perangi Sampah Plastik, KLHK: Semoga Bisa Menginspirasi yang Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/krs)