Senin, 02 Sep 2019 10:59 WIB

Koneksi Internet Lemot, Coba Lakukan Cara Ini

Uji Sukma Medianti - detikInet
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat masa kini. Jangankan internet, listrik yang mati berjam-jam pada akhir pekan kemarin pun bisa bikin rencana dan aktivitas jadi berantakan.

Apa jadinya kalau internet yang sedang kamu butuhkan tiba-tiba saja jadi lemot? Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar koneksi internet kembali lancar seperti sedia kala. Apa saja?

Alihkan ke Airplane Mode

Saat sedang asyik-asyiknya browsing atau stalking instagram, tiba-tiba koneksi internet lelet. Kamu bisa mengaktifkan airplane mode beberapa detik saja, setelah itu matikan kembali mode tersebut. Penggunaan fitur airplane mode ini berfungsi untuk mengulang (refresh) koneksi internet ke jaringan operator.




Cek Pengaturan Jaringan

Kadang internet kamu bisa lelet karena kamu berada di area yang tidak mendukung jaringan yang sedang kamu pakai. Nah, cara mengakalinya kamu bisa mengubah pengaturan jaringan HP lewat menu Setting dan Mobile Network Setting. Selanjutnya, ubah opsi Prefered Network menjadi 4G LTE, jika area tempat tinggalmu sudah mendukung sinyal 4G. Jika belum, maka sebaiknya pilih opsi HSDPA/3G only untuk mendapatkan sinyal yang lebih stabil.

Hapus Aplikasi atau Widget Tak Terpakai

Ternyata data internet di smartphone kita terpakai bukan hanya saat kita menggunakan aplikasinya saja. Data internet tetap berjalan ketika kamu sedang tidak menggunakan smartphone. Apalagi jika kamu punya banyak aplikasi di smartphone yang berjalan otomatis di background sistem.

Akibatnya, ini juga akan memperlambat koneksi internet saat smartphone digunakan, sebab bandwith yang digunakan harus terbagi. Nah, kamu bisa menghapus aplikasi dan widgets yang tak terpakai. Cara ini selain bisa mempercepat koneksi internet, kuota data internetmu juga jadi bisa lebih irit deh.




Sebenarnya untuk menikmati koneksi internet tanpa lemot kamu bisa memanfaatkan jaringan 4G Telkomsel yang sudah menyelimuti 480 kota di seluruh Indonesia. Saat ini Base Transceiver Station Telkomsel sudah ada lebih dari 50 ribu unit.

Yuk beralih ke 4G Telkomsel karena ada kuota 30 GB untuk 6 bulan untuk kamu yang beralih ke jaringan 4G! Mau tahu berita lainnya dari Telkomsel? Klik di sini.

Simak Video "Ini Penjelasan soal Gangguan Jaringan Internet Telkomsel"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/krs)