Sabtu, 31 Agu 2019 14:24 WIB

Makin Banyak Robot Pekerja di Gerai Ritel Terbesar AS

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Bossa Nova Robotics via Forbes Foto: Bossa Nova Robotics via Forbes
Jakarta - Walmart, perusahaan ritel terbesar AS, punya semakin banyak robot pekerja di jaringan gerainya. Robot-robot tersebut dianggap mampu meningkatkan penjualan dan efisiensi.

Selama beberapa tahun terakhir, Walmart telah mempekerjakan robot-robot ini pada ratusan gerai ritel mereka. Percobaan dianggap sukses, tahun ini robot tersebut telah berjumlah sekitar 5 ribu dari seluruh store Walmart yang ada, seperti dikutip dari Forbes.

Ukuran robot-robotnya tidaklah besar, kira-kira sebesar 1,8 meter. Tugas robot itu adalah untuk memindai rak-rak barang sesuai kategori dan memasukkan datanya ke server komputer.




Banyak manusia kena PHK? Tidak juga. Robot-robot pekerja di Walmart, menurut mereka, bisa mengambil alih pekerjaan tertentu dari pekerja manusia. Dengan demikian, karyawan manusia Walmart pun bisa lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan.

Penggunaan robot di bidang ini sendiri sudah pula dilakukan oleh Amazon. Walaupun pemeliharaan robot tentunya butuh anggaran tak sedikit, perusahaan tampaknya tetap menganggap kehadirannya sangat berfaedah.

Dengan perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), yang membuka lebar inovasi baru, sepak terjang para robot ini menarik untuk terus diikuti. Tak heran ada yang menganggap robot bisa menggantikan manusia dalam bidang kerja tertentu.





Simak Video "Mindar, Robot Pendeta Buddha dari Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/krs)