Gojek Masuk Malaysia Berujung Bos Taksi Lokal Sebut RI Miskin

Round-up

Gojek Masuk Malaysia Berujung Bos Taksi Lokal Sebut RI Miskin

Tim Detikinet - detikInet
Rabu, 28 Agu 2019 20:10 WIB
Foto: dok. Instagram Gojek
Jakarta - Dibukanya jalan bagi Gojek untuk Malaysia oleh pemerintah negara itu berujung pada pro dan kontra yang cukup panas. Bahkan salah seorang bos perusahaan taksi lokal sampai menyinggung Indonesia yang disebutnya sebagai negara miskin.

Awalnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dalam sebuah postingan video yang diunggah di Twitter pribadinya @SyedSaddiq mengabarkan bahwa Gojek sudah disetujui masuk Malaysia.

"Alhamdulillah! Kabinet sebulat suara meluluskan modal Ekonomi Gojek-DegoRide. Terima kasih kepada semua yang membantu dalam merealisasikan impian ini," tulisnya. DegoRide sendiri adalah perusahaan ride hailing lokal.




Syed Abdul Rahman pula yang mengatur pertemuan pendiri Gojek Nadiem Makarim dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Ia menyebut perkenalan GoJek di Malaysia akan membantu pengemudi motor mendapat penghasilan, menciptakan ribuan peluang bagi UKM serta menciptakan opsi transportasi murah.

Menteri Pengembangan Entrepreneur Malaysia Mohd Redzuan Yusof mengatakan, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Transportasi akan bertanggung jawab mengidentifikasi hukum yang akan diubah atau dibuat sebagai landasan izin operasional GoJek.

Aturan-aturan ini nantinya akan mengatur di mana dan bagaimana aplikasi GoJek dapat beroperasi, termasuk mencegah terjadinya monopoli pasar oleh satu perusahaan. Kementerian terkait kemudian akan membahas undang-undang ini di parlemen.

Halaman Selanjutnya: Tentangan dari Perusahaan Taksi Lokal (fyk/krs)