Senin, 26 Agu 2019 11:10 WIB

Riset: Google Assistant Paling Jago soal Perintah Suara

Josina - detikInet
Ilustrasi Google Assistant. (Foto: istimewa) Ilustrasi Google Assistant. (Foto: istimewa)
Jakarta - Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Loup Ventures, asisten digital yang paling pintar berturut-turut adalah Google Assistant, Siri Apple dan terakhir Amazon Alexa.

Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan 800 pertanyaan ke masing-masing layanan asisten digital tersebut. Hasilnya, Google Assistant berhasil memberikan jawaban yang benar sebesar 93%, sementara Siri memperoleh 83% dan Alexa dengan persentase 80%.


Hasil ini adalah peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan tahun lalu, di mana Google Assistant mencetak 86%, siri 79% dan Alexa hanya 61%. Dengan demikian, peringkatnya tidak mengalami perubahan.

Dilansir detikINET dari Beebom, sistem penilaian ini didasarkan pada dua metrik utama. Metrik pertama sebaik apa layanan asisten digital suara dapat memahami pertanyaan. Dan metrik kedua soal bagaimana respons yang diberikan oleh asisten digital, apakah benar dan memuaskan.

Ada lima kategori topik pertanyaan yang diajukan diantaranya Local, Commerce, Navigation, Information, and Command.


Kategori Lokal melibatkan pertanyaan seperti lokasi terdekat, Perdagangan soal memesan produk, Navigasi tentang rute perjalanan, Informasi berisi pertanyaan umum dan terakhir Komando adalah perintah di kehidupan hari-hari yang biasanya ditanyakan, seperti mengatur jam alarm.

Diagram hasil survei layanan digital perintah suara.Diagram hasil survei layanan digital perintah suara. Foto: Loup Ventures



Jika dilihat dari gambar diagram di atas, Google Assistant mendominasi semua kategori, sedangkan Siri dan Alexa masih saling bersaing dengan kemampuannya.

Temuan menarik di kategori Commerce (perdagangan) adalah bahwa pengguna lebih senang melakukan perintah hanya untuk mengetahui tentang detail produk tersebut daripada melakukan pembelian.


Riset: Google Assistant Paling Jago soal Perintah Suara


Simak Video "Kemungkinan Apple Tak Hadirkan Lightning Port di iPhone 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)