Kamis, 22 Agu 2019 20:01 WIB

YouTube Setop Iklan yang Menargetkan Anak-anak?

Josina - detikInet
Ilustrasi YouTube. (Foto: Gettyimages - Andrew H. Walker) Ilustrasi YouTube. (Foto: Gettyimages - Andrew H. Walker)
Jakarta - YouTube dilaporkan sedang menyelesaikan rencana untuk mengakhiri iklan bertarget di situsnya, secara khusus video yang kemungkinan anak ditonton oleh anak-anak.

Pasalnya YouTube saat ini tengah diawasi oleh Komisi Perdagangan Federal AS (FTC). Mereka tengah memeriksa apakah YouTube telah melanggar peraturan Undang-undang Perlindungan Privasi Online Anak-anak (COPPA) melalui pengumpulan data dan kegagalan melindungi pengguna anak-anak di platformnya.




Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pew Research telah menemukan bahwa video yang menampilkan anak-anak di bawa usia 13 tahun menerima rata-rata tiga kali lebih banyak penayangan iklan dibandingkan video lainnya.

Dilansir detiKINET dari The Verge, Kamis (22/9/2019) selama setahun terakhir ini YouTube telah mengambil langkah-langkah diantaranya menutup kolom komentar pada klip video yang dibintangi oleh anak-anak dan membatas rekomendasi pada video yang dianggap membahayakan anak-anak.




Namun banyak pengguna yang telah mengadu ke FTC menganggap langkah YouTube untuk melindungi privasi anak-anak masih belum cukup.

YouTube bahkan juga telah didorong untuk memindahkan semua vidoe yang berfokus pada anak-anak dari YouTube ke aplikasi YouTube Kids secara terpisah. Tetapi perusahaan mengatakan bahwa langka drastis itu akan memberikan dampak di seluruh komunitas plaftform.

Seperti dicatatkan oleh Markberg dari Bloomberg, belum jelas video mana saja yang telah disaring dan ditentukan oleh Youtube untuk anak-anak.


YouTube Setop Iklan yang Menargetkan Anak-anak?


Simak Video "Mengontrol Tontonan yang Baik untuk Anak dengan YouTube Kids"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com