Kamis, 22 Agu 2019 09:39 WIB

Kisah YouTube yang Sempat Keliru Copot Video Adu Robot

Kris Fathoni W - detikInet
Video adu robot. (Foto: Screenshot Youtube Jamison Go) Video adu robot. (Foto: Screenshot Youtube Jamison Go)
Jakarta - Sebuah video berisikan adu robot sempat dicopot oleh YouTube. Layanan berbagi videonya Google itu kemudian mengaku telah melakukan kekeliruan. Kenapa?

Dilansir Gizmodo, kisah ini awalnya dimunculkan oleh Motherboard dan The Verge yang menemukan sejumlah video berisikan adu robot dicopot oleh YouTube.

Dari keterangan YouTube, video itu terindikasi dicopot karena melanggar kebijakannya mengenai tindak kekerasan pada hewan seperti "sabung ayam".




Diketahui kemudian bahwa sejumlah robot itu memang dinamai seperti hewan. Tetapi yang berduel di ring tetaplah alat-alat mekanik alias robot, tanpa melibatkan hewan atau binatang di dalamnya.

Sehubungan dengan itu, YouTube kemudian mengaku salah sudah mencopot video-video berisikan adu robot. Mereka pun kini sudah membuat video tersebut dapat diakses lagi.

"Dengan jumlah video yang sangat banyak di situs kami, terkadang kami melakukan kekeliruan. Ketika kami menyadari bahwa video sudah dicopot dengan keliru, dengan cepat kami mengaktifkannya lagi," kata juru bicara YouTube kepada Motherboard.




"Kami juga senantiasa memberikan kesempatan buat peng-upload untuk melakukan banding dan setelah itu kami akan melakukan peninjauan ulang terhadap konten," ucapnya.

Belum diketahui persis apakah kekeliruan dalam mencabut video adu robot itu terjadi karena faktor manusia atau algoritma dari YouTube sendiri.

Berikut salah satu video adu robot yang sempat keliru dicabut oleh YouTube dan sekarang sudah bisa diakses lagi:

[Gambas:Youtube]







Simak Video "Waduh! SOR di Garut Jadi Tempat Sabung Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/jsn)