Rabu, 21 Agu 2019 08:58 WIB

Studi: Orang yang Menggunakan Emoji Lebih Sering Bercinta

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi emoji. Foto: Thinkstock Ilustrasi emoji. Foto: Thinkstock
Jakarta - Ada yang menarik dari temuan mengenai frekuensi penggunaan emoji dan kaitannya pada kehidupan seksual seseorang. Disebutkan di beberapa studi, orang yang lebih sering memakai emoticon dalam chat dikaitkan dengan kemungkinan melakukan hubungan intim yang lebih sering.

Studi yang digagas oleh peneliti dari Kinsey Institute Indiana University dan Lake Forest College di Illinois, Amerika Serikat, mencoba menganalisis perilaku pemakaian emoji pada 5.300 responden lajang berusia 18 hingga 94 tahun. Sebanyak 30% di antaranya mengaku menggunakan emoji saat pendekatan guna mengekspresikan diri.

Dari responden yang menggunakan emoji secara sering, ditemukan bahwa biasanya mereka lebih sering melakukan kencan pertama dan bahkan bercinta lebih sering daripada tahun-tahun sebelumnya. Demikian hasil penelitian tersebut seperti dikutip dari Geek, Selasa (20/8/2019).



Studi selanjutnya, yang merupakan replika dan studi lanjutan dari penelitian sebelumnya pun menginvestigasi apakah ada kaitannya penggunaan emoji dengan suksesnya hubungan seseorang. Hasil ya sama, ada kaitannya.

Kali ini, studi meneliti lebih sedikit responden yakni 275 orang, berusia 18 hingga 71 tahun lajang atau sedang dekat dengan seseorang selama musim gugur 2018. Kebanyakan melaporkan bahwa mereka yang menggunakan emoji ke calon pasangan mereka, ternyata bisa membantu menjaga koneksi saat kencan pertama dan berujung pada perilaku seksual yang lebih banyak juga.



"Emoji tampaknya menjadi aspek penting dari perilaku sosial di dunia digital saat ini dan dapat digunakan secara strategis sebagai sinyal afektif, terutama dalam ranah hububungan manusia," tulis penelitian tersebut.

Simak Video "Unboxing Vivo V17 Pro yang Punya 6 Kamera"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com