Selasa, 20 Agu 2019 08:40 WIB

Enggak Perlu Mahal buat Cobain Ngebutnya Jaringan 4G

Akfa Nasrulhak - detikInet
ilustrasi/Foto: shutterstock ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta - Masih ada orang yang menganggap jaringan 4G lebih mahal daripada jaringan 3G. Padahal anggapan itu belum tentu benar.

Hadirnya jaringan generasi keempat itu bagi kehidupan sehari-hari bisa membuat lebih mudah. Dengan kecepatan 4G, berselancar di internet menjadi lebih cepat, mengunduh kini jadi lebih lancar, dan sudah bisa streaming video dengan resolusi tinggi.

Beberapa operator penyelenggara layanan 4G di Indonesia bahkan sudah sepakat tidak menaikkan tarif 4G. Jika memang dirasa lebih mahal, hal itu akibat dari aksesnya jadi jauh lebih ngebut dibandingkan 3G, bahkan membuat kebiasaan pengguna berubah. Seperti saat menonton video streaming atau video di YouTube, jika biasanya tidak mengakses dari smartphone, karena aksesnya kencang, jadi mulai menonton di smartphone.

Selain itu, saat membuka jejaring sosial seperti Facebook, Path, dan Instagram, karena lebih cepat koneksinya maka lebih banyak waktu yang dihabiskan di jejaring sosial itu, dan hasilnya makin banyak pula data yang dipakai.

Selain anggapan soal tarif mahal dan kuota cepat habis, satu lagi yang menjadi perhatian para operator adalah soal persepsi masih mahalnya ponsel-ponsel berkemampuan 4G. Jika berkaca pada pengalaman waktu perpindahan dari 2G ke 3G sepuluh tahun yang lalu, handset 3G saat itu memang mahal-mahal. Tapi sekarang kondisinya sudah berbeda. Bahkan kini sudah ada ponsel 4G yang harganya di bawah Rp 1 juta.

Tak perlu khawatir mahal, karena salah satu operator di Indonesia, Telkomsel, menawarkan beragam paket data yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jaringan 4G Telkomsel juga menyajikan kecepatan internet yang stabil dan cepat.

Hal itu karena salah satu keunggulan 4G Telkomsel adalah didukung dengan lebih dari 50.000 menara Base Transceiver Stations (BTS) di seluruh Indonesia. Tak cuma itu, ketika beralih ke jaringan $G, nomor Telkomsel sebelumnya juga tak perlu diganti. Mengganti jaringan ke 4G Telkomsel pun bisa dilakukan mulai lewat Grapari hingga mendaftar lewat online di situs resmi Telkomsel.


Adapun untuk pembelian paket data, Telkomsel menawarkan beragam paket internet yang terjangkau. Misalnya paket harian mulai dari Rp 13 ribu untuk 3GB, paket mingguan mulai dari Rp 27 ribu untuk 1GB hingga paket bulanan mulai dari Rp 39 ribu untuk 3GB.

Tak cuma itu, Telkomsel juga kini menawarkan paket untuk keluarga, di mana setiap admin bisa membagi akses internet kepada 5 anggota keluarga lainnya. Paket ini ditawarkan mulai dari Rp 150 ribu untuk 20GB yang berlaku selama sebulan.

Simak Video "Ini Penjelasan soal Gangguan Jaringan Internet Telkomsel"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/krs)