Senin, 19 Agu 2019 08:59 WIB

Google Assistant Bikin Cara Bicara Kurang Sopan? Ini Kata Studi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - "Okay Google", hanya tinggal berucap seperti itu Google Assistant akan membantu kita mencari segala sesuatu. Kemudahan karena asisten digital seperti Google Assistant atau Siri inilah yang membuat interaksi dengan orang lain bisa lebih berkurang dan memunculkan kekhawatiran -- akankah mempengaruhi perilaku orang dalam bersosialisasi?

James Gaskin, Associate Professor of Information Systems di BrighamYoung University mengatakan studi terbaru memang ada kekhawatiran kecil soal hal tersebut.

"Dengan kata lain, orang dewasa nggak perlu mengucap 'tolong' dan 'terima kasih' ketika menggunakan asisten digital," ujar Gaskin dikutip dari Gadgets Now.


Sebagai bagian dari penelitian, sebanyak 274 responden ditanya apakah cara mereka berbicara dengan digital Assistant membuat mereka menjadi lebih kurang sopan. Setelah diteliti dan diamati, hal tersebut tidak serta merta membuat orang menjadi lebih kasar ke orang lain, ineters.

Tapi, hal tersebut bisa jadi berbeda ya ketika studi dilakukan pada anak-anak yang mana masih dalam tahap perkembangan. Perlu dicatat, studi tadi dikhususkan untuk dewasa muda di mana kepribadian mereka sudah terbentuk, dengan kata lain 'matang'.

Nah untungnya kekhawatiran soal isu tersebut diperhatikan oleh Google dan Amazon. Soalnya nih, keduanya kini menawarkan fitur yang mana akan berterima kasih atau bahkan memuji ketika anak mengatakan hal kepada asisten digital dengan sopan.

Simak Video "Iklan Terapi Stem Cell Dilarang Muncul di Google"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com