Sabtu, 17 Agu 2019 07:25 WIB

Google Doodle Ikutan Rayakan HUT ke-74 RI

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Google Foto: Google
Jakarta - Setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Kemeriahan perayaan pun terasa hingga di halaman utama pencarian Google.

Ketika mengaksesnya, kita akan disambut dengan kartun yang ditampilkan kesibukan warga mendekorasi gapura perayaan HUT ke-74 RI. Doodle tersebut merupakan karya seniman Hari Prast.


Seperti kita ketahui sudah menjadi tradisi Google menghadirkan doodle khusus untuk memperingati momen penting di Indonesia, termasuk Hari Kemerdekaan.

Dalam keterangannya Google mengatakan Indonesia adalah negara terpadat ke-4 di dunia, memiliki lebih dari 300 kelompok etnis dan bahasa yang berbeda. Di Hari Kemerdekaan menjadi momen semuanya berkumpul merayakan dengan kegembiaran di seluruh negeri.

Dimulai dengan upacara pengibaran bendera, diikuti dengan parade dan kompetisi permainan lokal seperti balap karung, panjat pinang dan masih banyak lagi game lokal.


Warga masyarakat juga bekerja sama untuk membuat gerbang Gapura, seperti yang ditunjukkan dalam Doodle hari ini. Gerbang penuh warna ini dibuat dari bahan yang digunakan ulang, memperindah pintu masuk ke lingkungan desa mereka dan merayakan Kemerdekaan Indonesia bersama," tulis Google.

"Mewujudkan semangat kolaborasi (gotong royong) yang merupakan inti dari nilai-nilai Indonesia, Gapura berfungsi sebagai pengingat bagi orang Indonesia untuk bekerja sama untuk negara yang lebih baik pada Hari Kemerdekaan - dan setiap hari sepanjang tahun," kata Google.

"Dirgahayu Indonesia!" pungkasnya.

Simak Video "Gemasnya Google Doodle Rayakan Hari Ayah Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)