Kamis, 15 Agu 2019 08:58 WIB

Video dengan Dislike Terbanyak dan Fakta Seru Lain YouTube

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Sean Gallup/Getty Images Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta - Berbagai macam video dari yang lucu, sedih, hingga seram bisa dengan mudah kamu temukan lewat YouTube. Tapi tahu tidak, kalau YouTube punya berbagai fakta seru yang bisa jadi belum pernah kamu ketahui.

Dikutip detikInet dari Android Authority, berikut ini beberapa hal seputar YouTube yang bisa kamu simak.


1. Jumlah pengguna bulanan yang fantastis

Tahu berapa total jumlah pengguna YouTube setiap bulannya? Tahun ini, platform tersebut punya catatan terbaik sepanjang sejarah.

YouTube memiliki 2 miliar akun yang log-in setiap bulannya yang mana artinya sekitar seperempat populasi di dunia berseluncur menyaksikan video seru di sana. Diketahui juga dari beberapa laporan, 62% persen adalah pria dan 38% persen adalah wanita.

2. 500 jam konten terbaru setiap menitnya

Google membuka bahwa lebih dari 500 jam konten di upload ke platform video streaming tersebut setiap menitnya. Berarti, ada 30 ribu jam setiap jamnya dan 720 ribu jam selama satu hari. Gila gak sih?

3. Kekayaan YouTube

YouTube diluncurkan pada 2015 oleh tiga mantan karyawan PayPal - Jawed Karim, Chad Hurley, dan Steve Chen. Nama domain diaktifkan pada 14 Februari 2005, tetapi video pertama diunggah ke platform pada 23 April di tahun yang sama. Platform ini dengan cepat menjadi sukses. Google mengakuisisinya sebesar USD 1,65 miliar (bila dirupiahkan sekitar Rp 23,4 triliun) pada November 2016.

Menurut beberapa laporan, YouTube menghasilkan lebih dari USD 20 miliar atau setara Rp 284,6 triliun pendapatan setiap tahun dan bernilai lebih dari USD 140 miliar atau lebih dari Rp 1.992 triliun sehingga menempatkannya di atas seperti Netflix yang memiliki lebih dari 150 juta pengguna berbayar.


4. Jumlah dislike terbanyak

Percaya atau nggak, video dengan jumlah dislike terbanyak justru dibuat oleh Google, loh. Itu adalah edisi YouTube Rewind 2018 yang memiliki 16 juta tanda tidak suka. Bila dibandingkan dengan 2.5 juta orang yang menyentuh tanda 'like', angkanya sangat jauh berbeda.

5. Channel YouTube terfavorit

Jika sebelumnya PewDiePie menjadi YouTuber dengan subscribers terbanyak dengan sekitar 98 subscriber, angka tersebut sudah disalip oleh T-Series yang punya lebih dari 107 juta subscribers.

6. Berapa lama orang biasanya nonton YouTube?

Kebiasaan deh kalau nonton YouTuber favorit tuh suka lupa waktu. Tapi tahu tidak, rata-rata orang menyaksikan video di YouTube itu hanya sekitar 40 menit loh. Sementara kalau dibandingkan dengan sesi Faceboook, jauh lebih pendek di mana cuma sekitar 5 menit.

Diketahui juga kalau mayoritas orang menonton YouTube menggunakan ponsel pintar mereka. Angka pastinya? Sekitar 70% pengguna memilih menggunakan smartphone atau tablet sementara 30 persennya lewat komputer atau TV.

Simak Video "Apa Perbedaan YouTube Music dengan Aplikasi Musik Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)