Rabu, 14 Agu 2019 15:30 WIB

Waspada! Netizen Ini Mengaku Kena Sadap dan Dipantau Penguntit

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Reuters/Kacper Pempel Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta - Jangan sembarangan memencet dan membuka link yang kamu terima di smartphone. Curhatan netizen Indonesia ini mungkin bisa menjadi pelajaran teranyar soal itu.

Di Twitter, warganet tersebut baru-baru ini mengungkap kecurigaan bahwa dirinya sudah kena hack. Tak cuma itu, dia merasa ponselnya yang tersadap pun bikin pelaku jadi bisa menguntitnya terus-menerus.

"Aku abis kena sadap, jd dia temenku cowok minta tolong buat milihin bbrp baju trs dia kirimin link gt. nah krn dia dm aku bukanya via dm. Jd br ketauan kl buka dr safari ada notif 'allow camera' jd direkan gt dr camera hp kita secara gak sadar," tulis pemilik akun @saraswtt membuka cerita.




Saat itu, ia mengaku tengah di luar rumah ketika kejadian berlangsung. Saras menuturkan dirinya menerima direct message dari salah satu teman sekolahnya. Ia dikirimkan sebuah link yang memintanya memilih baju yang bagus. Saras awalnya menolak.


"Link aja ndak papa kok. Tenang," tulis si pelaku mencoba meyakinkan wanita tersebut.

Setelah itu, sosok yang mengaku temannya tersebut kembali mengirimkannya link. Kali ini tanpa pikir panjang ia membukanya.




Ia sebenarnya sempat curiga karena dirinya diminta membuka link tersebut via browser. Apalagi lantas ada notifikasi 'allow camera' plus ikon video yang muncul di layar.

Kecurigaan itu kemudian bikin Saras langsung bertanya ke si pelaku apakah dirinya sedang dimata-matai atau tidak. Yang bikin ngeri, pelaku penyadapan itu malah bertanya balik dengan akurat.

"Lagi di dalam mobil ya :v atau di dalam kamar?" kata Saras menirukan jawaban pelaku tersebut.


(ask/krs)