Senin, 12 Agu 2019 14:23 WIB

iPhone Disebut Bisa Deteksi Penyakit Alzheimer

Josina - detikInet
Ilustrasi Apple. (Foto: Gettyimages - Justin Sullivan) Ilustrasi Apple. (Foto: Gettyimages - Justin Sullivan)
Jakarta - Perangkat mobile makin bermanfaat untuk kesehatan. Dalam riset terbaru, produk-produk Apple diklaim bisa membantu dalam menemukan seseorang yang menderita penyakit serius.

Hasil tes awal menunjukkan bahwa perangkat Apple seperti IPhone, IPad, dan Apple Watch dengan kombinasi aplikasi pelacak tidur Beddit dapat mendiagnosis apakah seseorang memiliki penyakit Alzheimer ringan atau kerusakan kognitif ringan (MCI).


Dilansir detikINET dari Phone Arena, Senin (12/08/2019), hasil ini merupakan sebuah survei yang dilakukan oleh Apple, Eli Lilly dan perusahaan startup kesehatan Evidation Health. Mereka melibatkan sebanyak 113 orang dengan rentang usia 60-75 tahun dalam waktu survei selama 12 minggu.

Peserta yang berpartisipasi dalam penelitian ini diminta untuk menjawab survei dengan satu pertanyaaan setiap hari. Mereka juga diminta untuk mengerjakan tugas-tugas di sebuah aplikasi Apple, di antaranya mengetuk lingkaran dalam waktu secepat mungkin hingga melakukan tes membaca dan mengetik.

Hasil tes yang sudah dipresentasikan pada acara konferensi KDD Association For Computing Machinery di Anchorage telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki gejala demensia cenderung mengetik pada kecepatan yang lebih lambat dan mengirim pesan teks lebih sedikit dalam waktu yang sudah ditentukan.

"Meskipun studi lebih lanjut diperlukan, penemuan dalam riset ini menyediakan insight penting soal manfaat perangkat wearable untuk mengidentifkasi kondisi kesehatan kronis seperti MCI, Zlzheimer dan demensia," sebt Divakar Ramakrishnan dari Ely Lilly.



Simak Video " iPhone 11 Tak Akan Jauh Beda Dari iPhone X"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed