PLN Disebut Sengaja Matikan Listrik, Kominfo: Hoax

PLN Disebut Sengaja Matikan Listrik, Kominfo: Hoax

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 06 Agu 2019 12:18 WIB
Ilustrasi. Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menemukan hoax di media sosial yang berkaitan dengan mati listrik. Dalam temuan kali ini, ada yang menyebutkan kalau peristiwa mati listrik kemarin karena sebuah kesengajaan dari PLN.

Sebuah unggahan di Facebook menyatakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) memang sering memadamkan listrik tanpa pemberitahuan. Kabar tersebut beredar setelah terjadi gangguan aliran listrik yang mengakibatkan pemadaman di Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat.

Bahkan masih di akun yang sama, disebut PLN mungkin sengaja memadamkan listrik agar lilin laku keras. Plt Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, beredarnya unggahan yang mengatakan PLN sengaja mematikan listrik merupakan kabar bohong.


Menurut Ferdinandus, berdasarkan penelusuran dari Tim AIS Kementerian Kominfo, kabar itu sudah dibantah oleh Manager Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Sumut, Taufik Hidayat.

"Soal PLN sengaja padamkan listrik agar lilin laku keras, dan berbagai tudingan yang kerap dialamatkan masyarakat kepada PLN, itu hoax," kata Ferdinandus dikutip di situs Kementerian Kominfo, Selasa (6/8/2019).

Taufik Hidayat mengatakan seperti yang dituturkan Ferdinandus, jika pihaknya yang sengaja melakukan pemadaman listrik, maka sama saja merugikan negara dan PLN.

"Dari penjelasan PLN, mereka itu kan jualan listrik, tidak mungkin PLN sendiri memadamkan. Tentu kan negara dan PLN rugi," imbuhnya.


PLN juga telah menyatakan permohonan maaf atas mati listrik massal yang terjadi di Jabodetabek dan beberapa wilayah di Jawa Barat.

Berikut rincian lengkap laporan isu hoax harian tanggal 4 Agustus 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo:

1. Eyang Ibung Sedang Meramal Gempa Nanti Sore Jam 7 dan Jam 8

2. Naiknya Ikan ke Permukaan Berkaitan dengan Gempa dan Tsunami

3. Bocah Karawaci Jualan Nasi Uduk karena Ibunya Sakit Kanker

4. Selfi Membawa Maut

5. Lowongan Tenaga Ahli Anggota dan Staff Administrasi Negara

6. Surat Instruksi Pengiriman Data Perusahaan Mengatasnamakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

7. Begal di Jalan Bukit Keminting atau di Jalan Garuda Palangka Raya

8. Kekejaman PLN Sengaja Padamkan Listrik

9. Ikan di Pantai Ancol Mati.

Simak Video "Jakarta Banjir, PLN Padamkan Listrik di Sejumlah Titik"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)