Senin, 05 Agu 2019 10:16 WIB

Kesan-kesan Netizen Berjam-jam 'Puasa' Internet

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Unspslah Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta - Mati listrik yang melanda sebagian wilayah Jawa kemarin (4/8) diikuti oleh lumpuhnya jaringan telekomunikasi. Praktis selama beberapa jam mati listrik tersebut, banyak orang juga tidak dapat menggunakan internet.

Dari Telkomsel, XL, Indosat, Tri dan Smartfren terkena masalah koneksi, baik koneksi data maupun seluler seperti panggilan telepon. User pun hanya dapat pasrah tidak dapat memakai layanan favorit semacam WhatsApp, Instagram, YouTube ataupun Gojek dan Grab.

Hal itu tentu membawa kesulitan tersendiri, tapi sebagian justru menganggap ada berkah di baliknya. Dilihat di timeline Twitter, sebagian netizen mengutarakan kesan-kesannya soal kematian internet yang cukup lama tersebut.


"Jakarta dan jawa barat serasa kota mati dr td siang sampe jam 6an. Lampu merah mati, macet, gelap juga dan ga ada sinyal internet sama sekali. Jaringan juga mati. Alhasil gua cuma denger berita di radio, kembali ke masa jadul," tulis seorang netizen di akun @divlnee.

"Jabodetabek mati lampu dari siang sampe sekarang rasanya kek dunia mau kiamat. KRL tutup, sinyal susah, internet mati, cari gojek susah sinyal, bayar cashless apapun termasuk debit card ga bisa," tulis @paudexter.

Video: Jeritan Netizen soal #matilampulagi

[Gambas:Video 20detik]



"Dulu mati lampu dianggap biasa aja karena orang belum terlalu tergantung sama internet. Sekarang mati lampu dikit dibilang mau kiamat," tulis @padejar.

"Seharian mati lampu berasa lazy sunday.. enak jg no internet, no sosmed, no group chat," tulis yang lain, justru merasa nyaman lepas dari 'jeratan' internet.

Adapun hikmah matinya internet adalah membuat interaksi dengan orang lain menjadi lebih dekat. "Dengan mati lampu & internet no service, jadi bisa banyak ngobrol dengan orang terdekat," tulis seorang netizen.


"Hikmah mati lampu berjam-jam adalah gue, bokap, nyokap bisa ngedusel di kamar saling bercerita satu-sama lain tanpa teralihkan oleh tv, hp, dan internet," sebut yang lain.

Pada saat ini, layanan seluler terpantau sudah normal lagi seperti sebelumnya, seperti yang sudah dikonfirmasi oleh beberapa operator. Tapi kabarnya masih ada pemadaman listrik di beberapa wilayah. (fyk/afr)