Sabtu, 03 Agu 2019 20:49 WIB

Facebook Bakal 'Ganti Nama' WhatsApp dan Instagram

Adi Fida Rahman - detikInet
Aplikasi WhatsApp. Foto: Carl Court/Getty Images/ Aplikasi WhatsApp. Foto: Carl Court/Getty Images/
Jakarta - Sejak mengakusisi, Facebook terus melakukan perubahan pada WhatsApp dan Instagram. Bahkan nama keduanya pun bakal mengalami perubahan.

WhastApp akan di-rebrand menjadi WhatsApp from Facebook. Sementara Instagram juga akan berganti jadi Instagram from Facebook.


Perubahan tersebut pertama kali dilaporkan laman The Information. Selang tak berapa lama juru bicara Facebook, Bertie Thomson, mengonfirmasi akan hal tersebut.

"Kami ingin menjadi lebih jelas tentang produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook," ujarnya kepada Business Insider, Sabtu (3/8/2019).

Nama baru yang disandang WhatsApp maupun Instagram tidak akan terlihat pada halaman utama layar ponsel. Tapi akan tampil pada toko aplikasi dan dalam aplikasi itu sendiri.


Banyak pihak menilai perubahan ini mencolok dan cenderung kontroversial. Dan memang langkah ini dilakukan ketika Facebook menghadapi pengawasan dari regulator atas masalah privasi dan dengan siapa mereka membagikan informasi pengguna.

Facebook belakangan berusaha melakukan pengontrolan terpusat yang kadang-kadang memicu ketegangan dan kekhawatiran di antara karyawan.
Selain itu, membuat satu persatu para pendiri Instagram dan WhatsApp pun meninggalkan raksasa teknologi Silicon Valley ini dalam kurun beberapa tahun terakhir.

Menurut laporan, ketegangan di antara mereka dengan Mark Zuckerberg menjadi menyebabnya. Saat ini Zuckerberg mendorong ambisinya untuk pengintegrasian semua layanan yang dimiliki Facebook, sehingga memungkinkan pengguna mengirim pesan antara berbagai aplikasi dan Messenger.

Simak Video "Sekarang Bisa Bagikan Status WhatsApp ke Facebook Story Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)