Moonton Lirik Intellectual Property asal Indonesia

Moonton Lirik Intellectual Property asal Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 30 Jul 2019 22:20 WIB
Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom
Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memboyong 10 intellectual property (IP) dari Indonesia untuk dipamerkan di Licensing Expo China 2019 di Shanghai, China, 24-26 Juli 2019 lalu, dan salah satu peminatnya adalah Moonton.

Keberangkatan ini merupakan bagian dari program Katapel milik Bekraf. Mereka yang berangkat itu berasal dari lima IP terpilih dari program Katapel batch 1 dan batch 2.

Lima IP dari batch 1 itu adalah Hey Blo!, Komik Ga Jelas, Tahilalats, Garudayana, dan Educa Studio. Serta lima IP lainnya dari batch 2 yaitu Mintchan, Gugug!, Ghfosty's Comic, Manguni Squad dan Satria Dewa Gatotkaca.

Dan kehadiran 10 IP tersebut mendapat perhatian dari Moonton, yang dikenal sebagai pengembang game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Moonton yang berkantor pusat di Shanghai tersebut ternyata memang sedang mencari IP dengan karakter kuat.




"Karakter lokal yang dimiliki produk kita ini yang membuat mereka sangat 'surprise'," kata Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Joshua Simandjuntak dalam keterangan yang diterima detikINET.

Bekraf sendiri mengaku tak mematok target yang muluk-muluk dalam partisipasi mereka dalam pameran tersebut. "Tapi paling tidak, ada satu atau dua IP kita yang bisa terjual lisensinya dalam kali ini," ujar Joshua.

Joshua pun menyebut karya anak bangsa yang mengangkat kearifan lokal seharusnya bisa dikemas lebih baik agar bisa dinikmati oleh pasar global.

Bekraf menginginkan karya anak bangsa bisa berkembang seluas dan sejauh mungkin, sehingga kelak ekonomi kreatif menjadi salah satu penopang utama pertumbuhan ekonomi nasional. Semoga kelak, berbagai jenama buatan anak bangsa bisa dinikmati dalam skala yang lebih luas. Misalnya game, film animasi, sehingga kita bukan hanya tuan rumah di negeri sendiri namun juga salah satu pemain utama di level Asia Tenggara, bahkan Asia. Potensi kita masih sangat besar," tutup Joshua.

Simak Video "Adopsi Liga Waralaba, Mobile Legends Sebut Bakal Majukan eSports Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)