Kamis, 25 Jul 2019 19:07 WIB

GrabExpress Punya 5 Fitur Baru yang Bantu UMKM Jualan Online

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom
Jakarta - Banyak kendala yang dialami pebisnis online dalam membangun bisnisnya. Salah satunya yaitu proses pengiriman barang ke pembeli. Tak jarang customer yang komplain karena barang yang mereka beli sampai terlambat atau sampai dalam keadaan yang kurang baik.

Owner Dapurfit, Jessica Yamada, menceritakan kesulitannya saat membangun bisnis kuliner. Ia sempat close order saat pesanan sedang membludak, sehingga mendapat komplain dari beberapa pelanggan.

"Saya sempat close order waktu pesanan sedang banyak-banyaknya. Sempet juga ada yang bilang ini niat jualan enggak sih, close order mulu. Tapi sejak pakai GrabExpress, semua order bisa kita layanin. Terus pesanan pelanggan juga terkirim dengan selamat dan aman," ungkap Jessica di Samisara Grandballroom, Sopo Del Tower, Kamis (25/7/2019).


GrabExpress merupakan layanan kurir berbasis aplikasi yang menawarkan 3 keuntungan yaitu kecepatan, kepastian dan keamanan, harga yang ekonomis dan terjangkau. Head of GrabExpress mengatakan untuk memberikan kemudahan proses logistik, GrabExpress memperkenalkan 5 fitur yang khusus dirancang untuk UMKM Indonesia, yaitu:

1. Pengiriman Antar Kota di Pulau Jawa

Grab bekerja sama dengan Ninja Xpress untuk pengiriman barang antar kota, di Pulau Jawa. Pengirim juga dapat memilih waktu penjemputan dan akan dapat memonitor proses pengiriman barang. Barang akan langsung diambil oleh kurir di lokasi Anda. Fitur ini kini baru tersedia bagi pengguna di Jabodetabek.

2. Langganan Paket Hemat

Para pengguna GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung. Hanya dengan membayar Rp 40 ribu, penjual dapat mengantarkan makanannya sebanyak 20 kali pengantaran.

3. Pengiriman Instan dan Same-Day

Armada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal 150 kg dan GrabBike seberat 15 kg. Pengiriman Instan dapat menjamin bahwa paket pengguna akan tiba dalam waktu kurang dari 3 jam setelah waktu pengambilan. Sementara itu, khusus di Jakarta tersedia fitur Same-Day di mana pengguna bisa mengirim barang dengan lebih hemat dan sampai di jari yang sama.


4. Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung

Dengan fitur ini pengguna dapat memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir. Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang. Grab juga menyediakan asuransi untuk barang yang dikirimkan.

Video: GrabExpress Siap Antar Paket ke 50 Alamat Sekaligus

[Gambas:Video 20detik]



5. Kirim ke Banyak Tujuan dan Banyak Pemesanan Sekaligus

Fitur kirim ke banyak tujuan pada aplikasi GrabExpress dapat membantu proses pengiriman hingga ke 5 alamat dalam 1 pesanan. Fitur ini saat ini tersedia di Kota Jakarta, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya. Sementara, fitur pesan banyak sekaligus mengizinkan pengguna untuk memesan hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan. Dengan kedua fitur ini, pengguna bisa melakukan pengiriman hingga ke 50 alamat berbeda.

Head of Logistics (Express) Grab Indonesia, Tyas Widyastuti, menjelaskan dengan adanya fitur baru GrabExpress, pengiriman barang akan menjadi lebih efisien, hemat, serta menguntungkan para pelaku UMKM.

"Kalo dulu sebelum ada fitur ini, biasanya kalo mau kirim ke lima lokasi aja, akan perlu booking, terus tunggu sampai booking itu selesai baru booking lagi. Sekarang kita bisa melakukan 10 booking dalam waktu yang bersamaan. Lalu sekarang kita juga bisa kirim ke lima lokasi dengan pengemudi yang sama," katanya.



GrabExpress Punya 5 Fitur Baru yang Bantu UMKM Jualan Online
(prf/krs)