Kamis, 25 Jul 2019 17:39 WIB

GrabExpress & Bekraf Latih 400 Wirausahawan Mikro

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Foto: Faidah Umu Surofah/detikcom Foto: Faidah Umu Surofah/detikcom
Jakarta - GrabExpress, layanan kurir milik Grab, bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan pelatihan seputar pengelolaan bisnis, pemasaran digital dan hak kekayaan intelektual kepada 400 wirausahawan mikro di Indonesia.

Peserta yang hadir berasal dari bidang usaha yang berbeda, termasuk makanan dan minuman, mode, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan mengenai tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu untuk membantu wirausahawan mikro untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Caranya yaitu dengan menciptakan kesempatan ekonomi dan memampukan akses terhadap berbagai layanan yang memiliki kualitas tinggi, namun juga aman.


"Ada 62 juta UMKM di Indonesia, tapi sebagian besar bekerja dengan basic. Nah, kita hadir bersama Bekraf mendukung ekonomi digital terutama untuk UMKM di Indonesia," ungkap Ridzki di Samisara Grandballroom, Sopo Del Tower, Kamis (25/7/2019).

Menurutnya, ada 5 hal yang perlu dikuasai oleh para pelaku UMKM agar bisa berkompetisi. Pertama yaitu produk yang menjawab kebutuhan masyarakat. Kedua yaitu pengelolaan bisnis yang baik dan berkesinambungan.

"Yang bisa kami bantu ada di 3 poin terakhir yaitu pengetahuan pemasaran produk secara digital, menciptakan brand image yang baik, dan proses logistik yang cepat, aman dan mudah digunakan," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, Fadjar Hutomo mengungkapkan bahwa ada 16 ekonomi kreatif yang ada di Indonesia. Usaha kuliner menempati urutan pertama yaitu sebesar 41,8%. Posisi kedua yaitu bidang fashion sebesar 18% dan bidang kriya 16%.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional sebesar 7,44%. Dengan potensi ini, Bekraf berharap Grab bisa mendorong pelaku UMKM kreatif agar bertumbuh lebih baik lagi.

Video: Grab dan Bekraf Latih 400 Pengusaha Mikro Kelola Bisnis Digital

[Gambas:Video 20detik]



"Saya percaya platform Grab yang melibatkan jutaan rakyat Indonesia adalah ekonomi yang inklusif. Kami sangat mendorong inisiatif seperti ini untuk meningkatkan kapasitas para UKM kita. Saya berharap Anda semua suatu saat akan bergerak lebih dari sekedar seller tapi akan menjadi makers. Saya mendorong platform seperti Grab akan mendorong pertumbuhan produsen dalam negeri, bahkan kali bisa sampai di luar negeri," terang Fadjar.

Lia salah satu peserta sekaligus wirausahawan di bidang kuliner mengaku sudah menggunakan GrabExpress selama lebih dari satu tahun. Owner Fruta Food ini juga menceritakan tentang GrabExpress yang sangat membantunya dalam hal pengantaran produk salad buahnya.

"Saya itu mulai bisnis salad buah ini dari 3 tahun lalu. Awal mula idenya dari arisan terus kepikiran kenapa ga dibuat bisnis saja. Lalu saya pakai GrabExpress udah setahun lebih ini. Enaknya pakai GrabExpress itu langganan paket hematnya. Jadi kita bayar cuma Rp 40 ribu bisa buat 20 kali pengantaran. Terus bisa juga dalam satu pengiriman ke banyak alamat," ungkap Lia.


Owner Men's Republic yang diundang sebagai pembicara juga menceritakan kepada para peserta bagaimana ia mulai membangun brand-nya dari awal hingga sekarang. Banyak kesulitan yang ia hadapi, komplain pelanggan yang ingin barangnya cepat sampai pun kerap ia terima.

"Sebenernya kalau kita jual online itu kan dari kargo sudah dijelaskan kapan barang sampai, tapi kan kita ga berani buat memastikan pasti sampai besok kapan, karena setelah barang dikasih ke kurir sebenernya udah selesai tuh dari kita, tapi kan customer terkadang nggak mau ngerti. Sejak pakai GrabExpress ini kita jadi mudah memantau udah sampai mana nih barang yang kita kirim. Otomatis jadi meningkatkan kepercayaan pelanggan," tuturnya.

Selain Yasa yang telah menceritakan bagaimana ia mengembangkan bisnisnya, ada juga pelatihan pemasaran produk digital yang disampaikan dalam bentuk pelatihan fotografi. Jadi peserta akan diajarkan bagaimana cara mengambil gambar yang bagus untuk dipasang di media sosial seperti Facebook dan Instagram.


GrabExpress & Bekraf Latih 400 Wirausahawan Mikro
(ega/krs)