Kamis, 25 Jul 2019 15:57 WIB

Pendiri Antivirus McAfee Sempat Ditangkap, Kenapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
John McAfee. Foto: Gizmodo John McAfee. Foto: Gizmodo
Jakarta - John McAfee, pendiri perusahaan antivirus dan keamanan McAfee, akhirnya dilepas setelah sempat ditangkap pada Rabu (25/7/2019) lalu oleh pihak berwajib di Dominika.

McAfee ditangkap oleh Angkatan Bersenjata Dominika saat tak lama setelah yacht-nya merapat di Puerto Plata. Dalam penangkapan itu, sejumlah senjata berkaliber besar lengkap dengan amunisinya disita dari McAfee.

"John, Janice (istrinya), dan para kru masih hidup dan dalam proses pembebasan dari penjara," tulis Loggia-Ramirez, campaign manager McAfee lewat akun Twitter milik McAfee.

Pada akun yang sama pun kemudian diposting proses pembebasan tersebut, lengkap dengan pernyataan dari McAfee yang menyebut ia diperlakukan dengan baik selama dipenjara.


McAfee sendiri memang sudah diincar oleh pihak berwajib sejak 2012 lalu atas tuduhan terlibat dalam pembunuhan di Belize, yang ditampik oleh McAfee. Menurutnya, satu-satunya kejahatan yang ia lakukan adalah tak melaporkan pengembalian pajak.

Semua tudingan terhadap dirinya disebut oleh McAfee sebagai propaganda pemerintah AS untuk membungkam dirinya. Bahkan pada 19 Juli lalu ia menyebut akan bersembunyi selama beberapa hari karena kabarnya akan ditangkap oleh badan intelijen AS CIA.

John McAfee mendirikan perusahaan McAfee -- yang kini dimiliki oleh Intel -- pada 1987, dan mengundurkan diri dari perusahaan itu pada 1994. Perusahaan McAfee endiri kemudian diakuisisi oleh Intel pada Febuari 2011 dan menjadi bagian dari divisi Intel Security.



Simak Video "Alasan WhatsApp Hapus Ribuan Penggunanya di Kashmir"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)