Rabu, 24 Jul 2019 12:24 WIB

Suka Live di Facebook? Pakai Tips Ini agar Banyak Viewer

Nurcholis Maarif - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Sebelum siap menjadi vlogger dengan banyak adsense, kamu bisa beradaptasi di depan kamera dengan melakukan live di Facebook. Namun mencoba-coba bukan berarti tanpa memperhatikan kualitas siaran.

Melansir dari Sprout Social, ada beberapa tips agar kamu yang gemar eksis di Facebook Live bisa mengundang banyak viewer. Berikut ini sarannya!

Promosi

Harus diingat bahwa live atau siaran langsung di Facebook seperti sebuah acara dan kamu menjadi pengisi utama. Dengan kata lain, kamu harus membuat orang berminat terlebih dahulu agar mau 'menghadiri' acara kamu, yaitu dengan menonton melalui PC atau smartphone-nya.

Kamu bisa mengundang audiens dengan promosi di grup atau beranda Facebook. Tidak hanya berulang kali, tapi juga setiap kali akan mengingatkan audiens. Bagikan sesuatu yang bernilai baru, misalnya tips yang akan kamu bagikan atau informasi apa yang kamu siarkan. Nilai promo dan juga visual yang baik akan membuat audiens akan semakin tertarik.

Persiapkan dengan Baik

Meskipun Facebook live adalah pengalaman yang lebih santai daripada siaran di televisi ataupun YouTube, bukan berarti kamu tidak mempersiapkan apa-apa. Aktivitasmu di siaran langsung mewakili integritasmu sehingga kamu tidak memberi kesan yang buruk kepada siapa saja yang menonton siaranmu.


Luangkan waktu untuk bersiap-siap. Mulai dari dengan latihan siaran, lalu pencahayaan, kamera, suara, dan elemen-elemen yang lain di sekitar lokasi siaran. Menggunakan tripod dapat membantu kamera agar tidak goyang dan pilih lokasi yang tepat untuk meminimalisir kebisingan serta suasana yang tidak diinginkan.

Selanjutnya penggunaan jaringan yang kuat dan tanpa lag akan semakin mengoptimalkan
siaranmu, misalnya dengan jaringan 4G Telkomsel.

Cari Momen yang Tepat

Agar siaranmu banyak ditonton, ada waktu-waktu tertentu di mana banyak orang sedang meluangkan waktu di depan smartphone atau PC. Saat itu lah kesempatan kamu untuk tampil. Misalnya saja, siang hari saat jam makan siang atau malam hari saat hendak istirahat.

Selalu Responsif

Komentar dan reaksi langsung adalah bagian yang membuat pengalaman begitu menarik bagi audiens. Respons kamu terhadap komentar audiens bisa menimbulkan kesan yang lebih akrab. Komunikasi seperti ini bisa seperti tatap muka.

Kalau kamu khawatir memiliki terlalu banyak komentar untuk ditanggapi dalam satu siaran, kamu bisa mendapatkan bantuan dari seseorang di luar kamera untuk mengarahkan komentar paling penting.


Gunakan Kanal Lain untuk Promosi

Agar semakin banyak kesempatan untuk ditonton, kamu juga bisa mengajak audiens dari kanal atau media sosial lain. Jika siaranmu sudah selesai, kamu juga membagikan tautan ke semua orang dari Twitter, Instagram, atau LinkedIn untuk menonton.

Gunakan Jaringan Internet yang Stabil dan Lancar

Selain itu agar siaran berlangsung lancar alias tanpa lag, gunakan jaringan internet ngebut seperti 4G Telkomsel yang memiliki cakupan luas ke seluruh Indonesia. Yuk beralih ke 4G Telkomsel karena ada kuota 30 GB untuk 6 bulan buat kamu yang beralih ke jaringan 4G!

Mau tahu berita lainnya dari Telkomsel? Klik di sini.

Simak Video "Ini Alasan Telkomsel Jadi Publisher Game"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/krs)