Rabu, 24 Jul 2019 11:05 WIB

Konten Dianggap Vulgar, YouTuber Kimi Hime Dipanggil Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
YouTuber Kimi Hime dipanggil Kominfo. (Foto: Instagram/kimi.hime)
Jakarta - Dianggap menyajikan konten bernuansa vulgar, YouTuber Kimi Hime dipanggil oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pemanggilan terhadap Kimi Hime dilakukan setelah mendapat aduan dari Komisi I DPR-RI.

Dalam Rapat Kerja dengan Kominfo beberapa waktu lalu, Komisi I menerima laporan dari Asosiasi Pengawas Penyiaran Indonesia (APPI) terkait konten Kimi Hime yang dinilai mengandung konten dewasa di channel YouTube miliknya. Laporan tersebut diteruskan ke Kominfo untuk ditindaklanjuti.




"Kami dapat aduan dari Komisi I bahwa mereka menerima laporan dari Asosiasi Pengawas Penyiaran Indonesia yang menyampaikan konten Kimi Home. Kemudian ditayangkan salah satu contoh (yang dianggap vulgar)," ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu saat dihubungi detikINET, Rabu (24/7/2019).

Menerima aduan itu, Kominfo pun sudah memanggil YouTuber yang rutin mengulas game itu. Seperti dikatakan Ferdinandus, dalam pemanggilan ini berbagai cara telah ditempuh. Mulai dari mengirim Direct Message (DM) ke akun media sosial hingga mengirim email.

"Sudah dipanggil sejak Senin lalu. Kami kirim lewat DM, email, tapi belum ada respons dari Kimi Hime untuk mengklarifikasi terkait konten yang ada di channel YouTube-nya. Setidaknya koordinasi untuk men-take down sendiri," tuturnya.




Di awal penelusurannya, Kominfo sendiri memandang konten yang dibuat oleh Kimi Hime belum melanggar Undang-Undang Pornografi. Tetapi setelah diselediki lebih lanjut ada beberapa yang dinilai vulgar dari segi kacamata pemerintah.

"Secara umum, tidak (melanggar), tetapi ada beberapa konten yang menurut pemantauan kami sudah memenuhi unsur vulgar," sebutnya.




Chit-chat Bareng GadgetIn, Youtuber Gadget Nomer 1 di Indonesia!:

[Gambas:Video 20detik]



(agt/krs)