Senin, 22 Jul 2019 22:14 WIB

Anak Zaman Now Melek Teknologi, Boleh Dikasih Gadget Smartwatch?

Tim - detikInet
Foto: imoo Foto: imoo
Jakarta - Sebagian orang tua berpendapat, memberikan gadget kepada anak bukan pilihan yang tepat. Banyaknya pemberitaan mengenai bahaya penggunaan gadget pada anak membuat sebagian orang tua berpikir sebaiknya penggunaan gadget untuk anak dihindari.

Tak heran, ada orang tua yang memutuskan untuk tidak membiarkan anak-anak mereka terpapar teknologi secara berlebihan. Gadget dinilai banyak memberikan dampak negatif untuk anak, terutama jika diberikan pada usia di bawah 12 tahun, karena bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental, bahkan fisiknya.

Sementara itu, sebagian orang tua lainnya menganggap penggunaan gadget tidak berbahaya dan dapat menemani tumbuh kembang anak. Hanya saja, orang tua memang harus bisa memilih gadget yang tepat untuk anak.




"Gadget selalu dirancang memfasilitasi kehidupan manusia. Aliran informasi yang deras membuat banyak orang, termasuk keluarga, selalu mengikuti tren teknologi dengan membeli gadget terbaru. Tidak terkecuali anak-anak di era globalisasi ini, anak-anak sangat melek terhadap teknologi," kata juru bicara imoo, produsen gadget khusus anak.

Karena latar belakang ini pula, imoo berupaya memenuhi kebutuhan orang tua yang ingin memberikan gadget yang aman bagi anaknya, dengan merilis imoo Watch Phone, yang paling tidak memiliki sejumlah manfaat untuk orang tua.

"Wearable gadget ini diciptakan khusus untuk anak dengan mengedepankan fitur komunikasi seperti video call dan kamera 5 MP wide angle. Jadi anak bisa berkomunikasi dengan orang tua melalui video call yang kualitas gambarnya jernih," terang juru bicara imoo.

Anak Boleh Kok Diberi Gadget, Asal...Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Fungsi utama dari imoo Watch Phone ini tak hanya untuk komunikasi, tetapi juga membantu orang tua dari segi keamanan anak. Ada fitur pelacak posisi pada jam tangan pintar ini, sehingga orang tua bisa tahu keberadaan anak dengan membuka aplikasi pada smartphone yang terhubung dengan Watch Phone.

Buat orang tua yang khawatir anaknya kecanduan bermain gadget, imoo Z5 juga punya fitur "class mode". Selama orang tua mengaktifkan fungsi ini di aplikasi smartphone, maka jam tangan anak hanya dapat digunakan untuk melihat waktu dan melakukan panggilan darurat kepada orang tua selama kelas berlangsung, sehingga anak fokus belajar.

Selain itu, tidak ada fitur game pada imoo Watch Phone sehingga tidak bisa dipakai main. Fitur lainnya adalah penghitung langkah dan skor pencapaian langkah terbanyak yang memotivasi mereka aktif bergerak.




Berbeda dengan smartphone, gadget ini dikemas dalam bentuk wearable device yang mudah dipakai sehingga anak bisa aktif bergerak bebas. Terlebih lagi, imoo Watch Phone juga dibuat tahan air sehingga tak perlu khawatir jika kebasahan.

"Teknologi saat ini penting dalam memudahkan aktivitas sehari-hari, tidak bisa dipungkiri penggunaan teknologi juga diperlukan oleh anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya bisa bersikap bijak dengan tidak menjauhkan anak dari teknologi karena dengan memberikan gadget terbaik yang tepat untuk anak, gadget sama sekali tidak berbahaya untuk anak," kata imoo.

Opini detikers sendiri bagaimana, apa anak-anak masih boleh dikasih gadget, seperti smartwatch macam ini atau malah sebaiknya jangan sama sekali?






Simak Video "Wow! Jam Telepon Anak Ini Bisa Diajak Berenang 20 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)