Minggu, 21 Jul 2019 21:28 WIB

Unik, Perhiasan Wajah Dipakai Kelabui Teknologi Face Recognition

Josina - detikInet
Foto: Ubergizmo Foto: Ubergizmo
Jakarta - Sudah banyak perangkat teknologi yang dibenamkan fitur pintar seperti face recognition atau pengenalan wajah. Namun secanggih-canggihnya sebuah teknologi, orang akan mencari kelemahan yang bisa 'diakali'.

Seorang desainer perhiasan memperkirakan, tidak semua orang menyukai teknologi ini dengan alasan privasi. Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (21/7/2019), adalah desainer bernama Ewa Nowak, yang kemudian terpikir membuat sebuah perhiasan yang dirancang bisa menghalangi teknologi pengenalan wajah.



Wujudnya mungkin terlihat aneh sekaligus unik. Namun perhiasan tersebut diklaim canggih karena mampu menjaga privasi, sehingga dapat mengalahkan sistem pengenalan wajah yang marak digunakan beberapa negara di tempat-tempat umum.

Perhiasan ini terdiri dari dua lingkaran berwarna kuning yang ditempatkan di tulang pipi. Kedua lingkaran kuning itu lalu disambungkan dengan semacam tali yang terhubung ke bentuk persegi panjang yang ditaruh di dahi.

"Agar perhiasan ini lebih efektif bekerja, diperlukan proses pencetakan ke wajah pengguna agar tidak bisa ditiru," ujar Nowak.

Sayangnya, Nowak tidak berrencana memproduksi perhiasan ini dalam jumlah banyak. Ia lebih senang jika karyanya tersebut dibilang seni ketimbang sebuah produk.



Perhiasan ini bukanlah karya Nowak yang pertama, sebelumnya ia juga membuat patch berwarna-warni yang bisa dicetak dari printer apa pun. Fungsinya pun sama, yakni mengelabui sistem pengenalan wajah.

Simak Video "Bandara Ini Akan Gunakan Teknologi Face Recognition"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)