Jumat, 19 Jul 2019 18:26 WIB

Langgar Aturan Instagram, Akun Bakal Dihapus!

Josina - detikInet
Ilustrasi Instagram. (Foto: Youtube) Ilustrasi Instagram. (Foto: Youtube)
Jakarta - Instagram memberikan peringatan keras bagi penggunanya yang kerap melakukan pelanggaran aturan, yakni dengan penghapusan akun. Hal ini telah diumumkan oleh Instagram dalam sebuah pembaruan kebijakan terkait mekanisme penonaktifkan akun.

"Jika kalian memposting sesuatu yang melanggar aturan lagi, akun kalian beserta semua postingan, arsip, pesan, dan follower akan dihapus," tulis peringatan Instagram.

kebijakan instagramkebijakan instagram. (Foto: Instagram)


Melalui keterangan yang diterima detikINET, Jumat (19/7/2019) pembaruan ini sebagai bentuk keseriusan Instagram menegakkan kebijakan terkait penonaktifan akun secara lebih konsisten dan mendorong setiap pengguna untuk bertanggung jawab atas konten yang dipostingnya di Instagram.

"Instagram bekerja sama dengan Facebook dalam menciptakan kebijakan untuk memastikan agar Instagram dapat menjadi medium yang suportif bagi semua orang," tulis Instagram dalam keterangannya.


Dijelaskan Instagram, langkah penghapusan tersebut akan dilakukan jika pengguna sudah melewati batasan persentase dan jangka waktu yang telah ditentukan. Sayangnya, tak dijelaskan berapa lama waktu yang disebutkan. Peraturan ini juga sudah diterapkan di Facebook.

Selain kebijakan baru, Instagram juga memperkenalkan proses notifikasi untuk mengingatkan pengguna bahwa akun mereka berisiko dinonaktifkan oleh Instagram.

Dengan notifikasi ini, Instagram akan memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengajukan banding atas konten yang telah dihapus.


Sebagai permulaan, kesempatan banding berlaku untuk konten yang memuat pelanggaran berupa materi ketelanjangan dan pornografi, perundungan dan pelecehan, ujaran kebencian, penjualan narkoba, dan terorisme.

"Namun, kami akan memperluas kesempatan banding dalam beberapa bulan ke depan. Jika sebuah postingan dihapus karena adanya kekeliruan, Instagram akan mengembalikan postingan tersebut dan menghapus catatan pelanggaran yang dilakukan dari akun tersebut," tutup instagram.

Simak Video "Startup 'HYP3R' Disebut Gunakan Jutaan Data Pengguna Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)