Rabu, 17 Jul 2019 16:01 WIB

Apple-Google Kompak Bikin Puluhan Emoji Baru

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Deretan emoji baru yang akan diluncurkan Google. Foto: Emojipedia Deretan emoji baru yang akan diluncurkan Google. Foto: Emojipedia
Jakarta - Apple mengumumkan pihaknya akan meluncurkan deretan emoji baru sebagai bagian dari perayaan Hari Emoji Dunia yang jatuh tepat pada hari ini. Perusahaan yang berpusat di Cupertino, California, Amerika Serikat itu menyebut ada 59 emoji baru yang siap meluncur ke perangkat berbasis iOS.

Dari puluhan emoji itu, ada yang berupa binatang (orang utan, kungkang, flamingo), mainan (layangan, yoyo), makanan (wafel, keju, bawang putih), pakaian, serta ekspresi menguap. Selain itu, Apple juga berusaha untuk membuat koleksi emoji miliknya lebih inklusif terhadap keberagaman.



Emoji baru Apple.Emoji baru Apple. Foto: Apple
Emoji baru Apple.Emoji baru Apple. Foto: Apple
Emoji baru Apple.Emoji baru Apple. Foto: Apple


Hal ini terlihat dari koleksi baru yang melambangkan disabilitas dan perbedaan warna kulit. Untuk hal yang disebutkan terakhir, Apple menyebut, lewat pembaruan ini, penggunanya disuguhkan dengan lebih dari 75 kemungkinan emoji pasangan yang bergandengan tangan, baik itu dari sisi warna kulit maupun jenis kelamin.

Lebih lanjut, berdasarkan keterangan yang diterbitkan Apple melalui situs resminya, seluruh 59 emoji anyar tersebut akan mulai tersedia pada musim gugur tahun ini, atau di kisaran September hingga Desember. Kehadirannya akan dibarengi dengan pembaruan software untuk iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch.

Sebelumnya, Google juga sempat mengumumkan hal serupa saat merilis versi Android Q Beta 3 pada Mei lalu. Sekadar informasi, sistem operasi teranyar buatan perusahaan pimpinan Sundar Pichai untuk perangkat mobile itu sudah berada pada fase Beta 5, yang diumumkan sepakan lalu.



Emoji baru Google.Emoji baru Google. Foto: Emojipedia
Emoji baru Google.Emoji baru Google. Foto: Emojipedia

Menariknya, Google juga menampilkan emoji yang serupa dengan Apple. Beberapa yang sama di antaranya adalah ekspresi menguap, flamingo, orang utan, kungkang, wafel, dan bawang putih. Produsen ponsel Pixel ini juga sepertinya akan meluncurkan deretan emoji tersebut pada musim gugur mendatang.

Baik emoji buatan Apple dan Google tersebut merupakan bagian dari Emoji 12.0, yakni daftar emoji teranyar yang dirilis pada 5 Februari lalu. Total, ada 230 emoji di dalamnya. Meski demikian, karena tidak semua perangkat mendukungya, masih terdapat keterbatasan penerimaan ketika mengirim emoji-emoji tersebut.


(mon/krs)