Senin, 15 Jul 2019 16:18 WIB

Marak Politisi Edit Foto, Ini Ragam Software-nya

Tim Detikinet - detikInet
Adobe Lightroom. Foto: Adobe Adobe Lightroom. Foto: Adobe
Jakarta - Edit foto diri agar terlihat lebih baik kerap dilakukan orang untuk tujuan tertentu, termasuk politisi. Salah satunya di NTB, di mana salah satu politisi disebut memasang foto dengan editan agar terlihat lebih baik.

Di mancanegara, Pemerintah Kazakhstan belum lama ini diketahui mengedit foto-foto resmi Presiden Kassym-Jomart Tokayev. Alhasil wajah pemimpin yang berusia 65 tahun itu tampak mulus.

Memang banyak aplikasi pengedit foto yang berkualitas, baik berbayar maupun tidak, untuk PC dan juga smartphone. Berikut di antaranya seperti dihimpun detikINET.

1. Photoshop

Inilah aplikasi yang bisa dibilang pengolah foto paling populer. Diciptakan pada tahun 1988, aplikasi ini mampu bertahan tetap menjadi yang terdepan. Software ini dapat digunakan dengan cara berbayar dan sudah tersedia dalam 26 bahasa.

Salah satu kelebihan Photoshop adalah gampang dipelajari dan selain itu peralatan desainnya lengkap. Maka pengguna bisa mengedit foto atau gambar dengan kreatif dan semenarik mungkin. Versi terbarunya untuk PC adalah CC2019.


2. GIMP

GNU Image Manipulation Program. Ya, itulah kepanjangan dari GIMP, sebuah software open source foto editor yang tersedia bagi pengguna Windows, OS X, dan Linux.

Meski punya cukup banyak alat editing yang canggih, namun tampilan GIMP ini bisa dibilang tidak user friendly. Perlu beberapa waktu sebelum pada akhirnya menguasai software ini.

3. Sumo Paint

Malas untuk menginstal software editing gambar? Coba software yang satu ini. Adalah Sumo Paint, sebuah software editing yang dapat digunakan hanya dengan membuka situs Sumo Paint melalui aplikasi peramban.

Walau gratis, pihak developer menyediakan versi pro dari Sumo Paint yang dapat dibeli peminat. Versi pro ini tentu menawarkan beberapa fitur editing yang canggih.

4. PicMonkey

Selain Sumo Paint, adapula PicMonkey. Ya, sama halnya dengan Sumo paint, PicMonkey merupakan software editing gambar yang dapat diakses melalui peramban. Tak perlu download dan tak perlu install.

Dengan PicMonkey, pengguna dapat melakukan beberapa editing gambar, semisal menambahkan naskah pada gambar atau memberikan bingkai. Gambar dapat diambil dari komputer atau berbagai macam layanan cloud, semisal Dropbox dan Flickr. PicMonkey juga menyediakan versi berbayar.

5. Adobe Photoshop Lightroom (smartphone)

Cara kerjanya hampir sama dengan Adobe Photoshop Express. Aplikasi edit foto yang satu ini gratis dan intuitif. Lightroom membantu kamu menciptakan foto yang bagus. Di aplikasi ini juga dapat mengubah serta memperbaiki gambar dengan meningkatkan kualitasnya.

Menariknya lagi, aplikasi edit foto ini bisa menghilangkan jerawat di wajah dengan bantuan adjusment brush dan spot removal.


6. Snapseed (smartphone)

Aplikasi edit foto online ini disebut-sebut wajib dimiliki. Fitur pengeditan di Snapseed ada banyak, salah satunya adalah tune image, crop, details, tonal contrast, vignette, hingga pengaturan potrait atau landscape.
Marak Politisi Edit Foto, Ini Mungkin Software-nyaFoto: istimewa

Vignette dalam aplikasi edit foto ini bertujuan untuk memberikan gradasi gelap terang transparan dari pinggir hingga tengah foto. Sangat pas untuk memberikan efek foto yang dramatis.

7. PicSay (smartphone)

PicSay memiliki dua jenis versi yaitu gratis dan pro. Kalau masih dalam tahap mencoba, kamu bisa menggunakan yang gratis. Aplikasi edit foto ini sangat intuitif dan mudah digunakan.

Penggunaannya bisa untuk memperbaiki warna foto hingga menambahkan teks dengan kolom-kolom percakapan hingga doodle menggemaskan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan remove red eye dan dapat menggabungkan dua foto dalam satu frame.

8. Photo Lab (smartphone)

Aplikasi edit foto kekinian ini memiliki efek yang sangat beragam dan mudah diaplikasikan. Di Photo Lab, kamu bisa menggabungkan beberapa foto dalam satu frame secara otomatis.

Bisa juga men-setting warna hingga tingkat ketajaman saat mengambil foto langsung dari aplikasi ini.

Simak Video "Fakta-fakta Evi yang Digugat ke MK karena Foto 'Kelewat Cantik'"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)