Sabtu, 13 Jul 2019 11:16 WIB

5 Fakta Zenius, Layanan Bimbel Online

Virgina Maulita Putri - detikInet
5 Fakta Zenius, Layanan Bimbel Online Foto: Zenius 5 Fakta Zenius, Layanan Bimbel Online Foto: Zenius
Jakarta - Beberapa tahun terakhir banyak bermunculan layanan bimbingan belajar (bimbel) online di Indonesia. Tapi ada satu nama yang terbilang pemain lama yaitu Zenius.

Layanan bimbel online ini didirikan pada tahun 2007 oleh Sabda PS dan Medy Suharta. Mereka menyediakan ratusan ribu video pendidikan untuk berbagai jenjang, mulai dari SD sampai SMA.




Selain video pembelajaran biasa, mereka juga menyediakan video dan materi latihan untuk ujian nasional, SBMPTN dan ujian masuk universitas lainnya. Ingin tahu lebih lanjut tentang Zenius? Yuk simak lima fakta berikut ini seperti dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

1. Cara Mendaftar

Video dan materi pembelajaran yang disediakan Zenius bisa diakses jika kalian telah mendaftar menjadi anggota. Pertama kalian harus mendaftarkan akun kalian di situs resmi Zenius terlebih dahulu.

Setelah terdaftar kalian bisa log-in untuk membeli biaya keanggotaan agar bisa mengakses konten yang tersedia. Biaya untuk menjadi anggota mulai dari Rp 165.000 per bulan hingga Rp 440.000 per 12 bulan.

2. Memiliki Ratusan Ribu Pengguna

Zenius saat ini memiliki sekitar 314.000 pengguna yang telah terdaftar. Sedangkan situs mereka kini sudah dikunjungi oleh lebih dari 11 juta orang.

3. Awalnya Berbentuk Toko Offline

Zenius awalnya berdiri sebagai toko offline pada tahun 2004. Karena saat itu jangkauan internet di Indonesia masih belum luas, mereka mendistribusikan materi dan video pembelajaran dalam bentuk CD dan DVD.




4. Menawarkan Berbagai Produk

Selain situs bimbel online zenius.net, Zenius juga menawarkan beberapa produk lainnya. Antara lain aplikasi Zenius yang saat ini hanya tersedia untuk smartphone Android dan masih dalam tahap beta, Zenius Prestasi untuk guru, Zenius Center, dan Agora.

Mereka juga sebelumnya memiliki sistem bimbel offline bernama Xpedia 2.0 yang menawarkan video dan materi pembelajaran lewat DVD dan VCD. Tapi, karena penetrasi internet di Indonesia semakin meluas, Zenius baru-baru ini menutup lini produk ini.

5. Memiliki Akun YouTube

Zenius juga memiliki akun YouTube yang juga berisi video-video materi pembelajaran. Saat ini akun tersebut telah memiliki lebih dari 100.000 subscriber. Bahkan, sang pendiri Sabda PS juga sering muncul di kanal ini memberikan materi pelajaran secara langsung.



Simak Video "Grab Berminat Jalin Kerja Sama Juga dengan LinkAja?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed