Jumat, 12 Jul 2019 09:02 WIB

Pakai Aplikasi Pengaduan Berbasis Android, Sibolga Menuju Kota Pintar

Abdi Somat Hutabarat - detikInet
Foto: Abdi Somat Hutabarat Foto: Abdi Somat Hutabarat
Sibolga - Pemkot Sibolga meluncurkan aplikasi Citizen Relation Management (CRM) Kamis (11/07/19). Dalam launching aplikasi CRM ini, sekaligus dilakukan pula sosialisasi peraturan Wali Kota tentang penyelenggaraan penanganan pengaduan masyarakat yang terintegrasi melalui aplikasi CRM.

Bertempat di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga, Kepala Diskominfo kota Sibolga Hermanto, S.Ag mengharapkan dukungan dan sinergi dari seluruh OPD hingga pihak kelurahan, untuk turut mensukseskan sistem penanganan pengaduan masyarakat terintegrasi, melalui aplikasi ini.

Seluruh OPD hingga pihak kelurahan diharapkan bersikap responsif menindaklanjuti setiap keluhan ataupun pengaduan dari masyarakat, dengan tindakan yang terukur, efektif dan efisien, sesuai dengan bidang kewenangan masing-masing. Dengan demikian Sibolga Smart City pun dapat terwujud.



Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak hal yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Sibolga untuk menjadikan kota ini sebagai Smart City (kota pintar), salah satunya pemanfaatan e-government.

Pemanfaatan e-government ini sesuai dengan rencana induk program Quick Win menuju Sibolga Smart City, salah satunya adalah Sibolga Command Center yang telah berjalan dengan baik, yang di dalamnya terdapat berbagai aplikasi yang terintegrasi.

Pakai Aplikasi Pengaduan Berbasis Android, Sibolga Jadi Kota Pintar Foto: Abdi Somat Hutabarat


Untuk aplikasi Citizen CRM, nantinya akan digunakan sebagai salah satu wadah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dan terintegrasi dengan Command Center.

"Pelayanan ini mengedepankan penanganan pengaduan masyarakat yang terintegrasi berbasis sistem Geo-Tagging, yang terhubung dengan ruangan Sibolga Command Center. Melalui launching aplikasi ini, saya perintahkan agar aplikasi ini dimaksimalkan di setiap OPD hingga kelurahan," ujar Syarfi.



Syarfi berharap, dengan dimaksimalkannya aplikasi ini di setiap OPD hingga kelurahan akan membuat penyelenggaraan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat berjalan lebih responsif, efektif, efisien dan terukur.

Simak Video "Atasi Masalah Jakarta, Anies Gaet 8 Aplikator"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)