Senin, 08 Jul 2019 08:09 WIB

Apple Ejek Rencana Smart City Google

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Jason Lee/Reuters Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta - Apple mengejek proyek kota pintar Google yang tengah dibangun di Toronto, Kanada. Seperti apa ejekannya?

Ejekan Apple ini berbentuk sebuah billboard yang dipasang tepat di sebelah proyek Google di kota Toronto tersebut. Proyek itu digarap anak usaha Alphabet bernama Sidewalk Labs, yang berencana membangun sebuah pemukiman urban generasi baru.

Billboard dengan gambar iPhone itu bertulisan: "We're in the business of staying out of yours. Privacy. That's iPhone." Lewat tagline ini, Apple tampaknya menekankan kalau mereka sangat mengutamakan privasi penggunanya.


Hal ini sangat kontras dengan proyek Sidewalk Labs, yang sebenarnya menjanjikan perumahan dengan harga murah. Namun di sisi lain, mereka mengumpulkan banyak data warga yang nantinya tinggal di perumahan tersebut.


Data-data tersebut dikumpulkan melalui kamera dan sensor internet of things (IoT) yang terpasang di pemukiman tersebut, dan secara terus-menerus merekam gaya hidup penggunanya, dan menggunakan data tersebut untuk merencanakan berbagai hal dalam pembangunan kota pintarnya.

Kampanye privasi yang dilakukan Apple itu pertama kali muncul di Las Vegas, Amerika Serikat, tepatnya saat gelaran CES lalu. Saat itu, Apple memasang billboard yang bertuliskan "what happen on your iPhone stays on your iPhone", yang merupakan plesetan dari "what happens in Vegas stays in Vegas."





Simak Video "Tim Cook Beri Penjelasan Soal Hengkangnya Jony Ive dari Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed