Minggu, 07 Jul 2019 11:36 WIB

Jack Ma Sumbang Rp 2 Triliun Buat Timnas Sepakbola

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma. Foto: Reuters Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta - Organisasi sepakbola wanita China tengah gembira. Mereka mendapatkan pendanaan besar dari perusahaan milik Jack Ma.

Dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (7/7/2019), Alipay yang bernaung di bawah Alibaba bakal menggelontorkan uang senilai USD 145 juta atau di kisaran Rp 2 triliun, untuk mendanai proyek sepakbola wanita selama 10 tahun.

Dana itu terutama berasal dari yayasan Alipay Foundation. Mereka menyatakan ingin agar sepakbola bisa diakses oleh lebih banyak perempuan di seluruh negeri China.



Sumber bernilai triliunan tersebut akan dialokasikan buat mengembangkan penyusunan tim nasional, perkembangan bakat muda, pendidikan pelatih dan kesejahteraan bagi atlet yang telah pensiun.

"Kami amat bersyukur buat komitmen 10 tahun Alipay untuk sepakbola wanita di China," cetus Cai Yong, anggota eksekutif Chinese Football Association (CFA).

"Sepakbola wanita bukan cuma olahraga, tapi juga pergerakan sosial powerful yang memicu gadis muda dan para wanita untuk mengejar mimpi serta ambisi mereka," tandasnya.

Timnas sepakbola wanita China secara tradisi lebih baik prestasinya ketimbang tinnas pria. Mereka pernah runner up pada Piala Dunia Wanita edisi 1999 dan posisi 4 dalam turnamen tahun 1995.



Jack Ma sendiri dikenal amat perhatian pada dunia olahraga. Tahun silam, ia datang ke Indonesia untuk menyemangati tim China di Asian Games, kemudian hadir sebentar di upacara penutupan.

Simak Video "Tuai Kritikan, Jack Ma Jelaskan Soal Sistem Kerja ''996''"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)