Minggu, 07 Jul 2019 08:31 WIB

Mengingat Pak Sutopo: Tangkal Hoax Bencana Sampai Bertemu Raisa

Virgina Maulita Putri, Rachmatunnisa - detikInet
Mengenang Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Ari Saputra/detikcom Mengenang Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan Sutopo Purwo Nugroho. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini rajin membagikan informasi lewat akun Twitternya @Sutopo_PN saat terjadi bencana alam.

Ia pun mengaku sangat terbantu dengan adanya media sosial seperti Twitter untuk membantunya menyebarkan informasi.

"Saya menggunakan Twitter ada banyak hal sebenarnya. Satu yang terkait dengan kebencanaan. Sangat efektif sekali menyampaikan update-update terkini, apalagi bencana yang besar," ujar Sutopo di konferensi pers #RameDiTwitter, Desember 2018 lalu.

Sutopo mengatakan, penyebaran informasi lewat Twitter sangat cepat, sampai-sampai video puing-puing Lion Air JT 610 yang ia sebarkan dalam sehari ditonton hingga satu juta kali.



Saat gempa dan tsunami melanda Palu dan Donggala misalnya, engagement di akunnya juga mencapai 78 juta dalam 28 hari.

Selain cepat dalam menyebarkan informasi, pria yang akrab disapa pak Sutopo atau pak Topo ini juga sering menggunakan Twitter untuk menangkal hoax dan berita palsu yang kerap menyebar setelah terjadinya bencana alam.

"Setiap terjadi bencana pasti ada hoax. Langsung saya counter, yang sifatnya bencana alam," ujar Sutopo.

Tidak hanya itu, ia pun sering menerima direct message (DM) dari followernya terkait dengan bencana. Sutopo pun dijadikan sebagai rujukan oleh konsulat dan kedutaan asing terkait dengan penanganan bencana.

Video: Ucapan Bela Sungkawa Mengalir, #RIPSUTOPO Jadi Trending

[Gambas:Video 20detik]



Tapi yang paling dia sukai dari Twitter adalah, berkat platform media sosial ini, dia bisa bertemu penyanyi idolanya, Raisa.

"Tanpa ada Twitter, ya tidak mungkin saya ketemu dengan Raisa. Tidak mungkin Raisa ketemu saya," ujar Sutopo yang kemudian disambut tawa dan tepuk tangan yang hadir kala itu.

Sutopo memang menjadi kesayangan netizen. Selain menjadi orang yang paling dicari ketika terjadi bencana alam, Sutopo juga menjadi inspirasi banyak orang karena semangatnya melawan kanker paru-paru yang dideritanya.

Kondisi sakit tak menghalangi kecepatannya menyampaikan informasi terkini mengenai bencana alam. Selain itu, dia juga kerap menghibur followernya dengan berbagai guyonan, serta kerap membagikan pengalamannya sebagai penyintas kanker.

Sebagai rasa cinta terhadap sosok ini, netizen pernah meramaikan tagar #RaisaMeetSutopo untuk membantu mewujudkan keinginannya bertemu penyanyi favoritnya Raisa. Gayung bersambut, Raisa langsung menghubungi Sutopo lewat video call.

Selain itu, tagar #JokowiMeetSutopo juga sukses mempertemukan ayah dua anak itu bertemu Jokowi di Istana Bogor pada 5 Oktober 2018, beberapa hari sebelum ulang tahunnya. Kelahiran Boyolali, 7 Oktober 1969 ini mengaku bahagia dan menyebut pertemuan dengan Presiden Joko Widodo sebagai kado terindah menjelang ulang tahunnya.



Setelah hari ulang tahunnya, tagar #RaisaMeetSutopo yang digaungkan netizen akhirnya benar-benar terwujud. Sutopo akhirnya bertemu Raisa di sebuah kantor redaksi media online pada 6 November 2018. Raut bahagia tampak dari wajah Sutopo dalam sejumlah potret yang dibagikannya di Twitter.

Kini, sosok yang dikenal ramah dan menginspirasi ini telah pergi. Namun segala kenangannya akan selalu ada di hati.

Selamat jalan pak Sutopo...




Mengingat Pak Sutopo: Tangkal Hoax Bencana Sampai Bertemu Raisa




Simak Video "Jokowi-SBY Kirim Karangan Bunga Untuk Sutopo"
[Gambas:Video 20detik]
(/rns)