Sabtu, 06 Jul 2019 19:25 WIB

Orang Makin Gemar Belanja Aplikasi di Smartphone

Kris Fathoni W - detikInet
Ilustrasi. Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Ilustrasi. Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Di paruh pertama 2019, nyaris USD 40 miliar (Rp 563 triliun) dihabiskan pengguna smartphone untuk belanja aplikasi, termasuk game. Ada peningkatan 15% dibandingkan periode sama tahun lalu.

Diwartakan GSM Arena, data tersebut datang dari Sensor Tower yang menghitung jumlah download di App Store Apple dan Google Play Store selama enam bulan awal tahun ini, tepatnya di angka USD 39,7 miliar (Rp 559 triliun). Jumlah tersebut sekaligus mengindikasikan bakal adanya rekor baru sepanjang 2019.


Pengguna iOS disebut menghabiskan USD 25,5 miliar di App Store untuk periode enam bulan awal 2019, meningkat 13% dibandingkan kurun waktu sama tahun lalu. Sedangkan pengguna Android membelanjakan USD 14,2 miliar di penjuru Google Play, yang juga meningkat 20% dibandingkan tahun lalu.
Orang Makin Gemar Belanja Aplikasi di SmartphoneFoto: istimewa
Orang Makin Gemar Belanja Aplikasi di SmartphoneFoto: istimewa
Orang Makin Gemar Belanja Aplikasi di SmartphoneFoto: istimewa

Aplikasi yang paling banyak mendulang uang datang dari sektor game dengan pembelanjaan USD 29,6 miliar di kedua OS. Ada Arena of Valor-nya Tencent yang menghasilkan USD 728 juta di iOS dan Android, menjadi game dengan raupan terbesar. Di posisi kedua ada Fate/Grand Order USD 628 juta dan Monster Strike (USD 566 juta).

Di luar game, aplikasi Tinder meraup jumlah terbesar dengan USD 497 juta. Di posisi berikutnya mengikuti Netflix dengan USD 399 juta dan Tencent Video yang mendulang USD 278 juta.

Simak Video "Tips Memilih Smartphone dari Robby Purba"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed