Jumat, 05 Jul 2019 11:38 WIB

Pembayaran Digital Alipay Bikin Wajah Cantik dan Ganteng

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi facial recognition. (Foto: TechEmergence) Ilustrasi facial recognition. (Foto: TechEmergence)
Jakarta - Sebuah survei menyebutkan, teknologi pengenalan wajah (facial recognition) yang diterapkan pada sistem pembayaran digital membuat wajah konsumen terlihat jelek. Alipay berusaha memahami itu.

Salah satu layanan pembayaran digital populer di China ini pun ingin agar konsumen tidak jengah setiap kali harus melihat wajah mereka ketika akan melakukan transaksi dengan otentikasi pengenalan wajah.

Dikutip detikINET dari Engadget, Jumat (5/7/2019), dompet digital milik Alibaba ini dalam waktu dekat akan menambahkan filter beauty ketika ketika konsumen membayar dengan sistem pengenalan wajah. Bagi Alipay, sangat penting untuk menyenangkan konsumennya saat bertransaksi.




Inisiatif ini dilakukan setelah survei yang dilakukan Sina Technology memperlihatkan bahwa 60% responden berpikir bahwa sistem pembayaran generasi terbaru membuat wajah mereka terlihat suram dan tidak menarik.

Pendapat ini sama halnya dengan melihat foto mereka untuk kartu identitas penduduk, paspor, SIM dan dokumen identitas lainnya yang memperlihatkan tampilan wajah 'apa adanya'.




Update filter wajah di sistem pembayaran Alipay ini rencananya akan mulai dirilis secara bertahap ke berbagai toko retail yang bekerja sama dengan Alipay, hingga nantinya tersedia untuk semua pengguna Alipay.

Metode pembayaran dengan teknologi pengenalan wajah Alipay sudah diperkenalkan Alibaba sejak 2015. Teknologi ini memanfaatkan kamera dan sistem yang sudah diprogram khusus untuk mengenali wajah konsumen.

Teknologi ini menggantikan password sehingga konsumen tak perlu mengetikkan sederet angka atau PIN saat melakukan transaksi pembayaran melalui Alipay, melainkan cukup dengan menghadapkan wajah ke kamera di ponsel.




Simak Video "Tips Kembangkan Bisnis di Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/krs)