Jumat, 05 Jul 2019 09:51 WIB

Rentetan 'Kesialan' yang Menimpa Bapak Android

Fino Yurio Kristo - detikInet
Andy Rubin. Foto: istimewa Andy Rubin. Foto: istimewa
Jakarta - Andy Rubin adalah pahlawan di jagat teknologi, dia merupakan sosok di balik terciptanya sistem operasi Android. Banyak yang memuja pria berusia 56 tahun ini. Namun belakangan, namanya ternoda terkait berbagai hal yang menimpanya.

Berikut rentetan 'kesialan' yang menerpa Andy Rubin:

1. Kegagalan Ponsel Essential

Android yang dibuat Andy bersama rekannya dibeli Google tahun 2005 dan dia jadi eksekutif raksasa internet tersebut. Tahun 2014, pria berusia 55 tahun ini keluar dari Google untuk mengembangkan startup ponsel bernama Essential.

Diracik oleh bapak Android, tentu Essential bukan smartphone biasa. Ia mengusung layar edge to edge bodi titanium dan bagian belakang keramik. Bahan solid itu membuatnya tahan dijatuhkan.

Ia juga mengusung sistem dual kamera serta disebut-sebut ponsel pertama dengan notch. Tak cuma itu, Essential bisa pula dipasang berbagai aksesoris dengan sistem nirkabel seperti kamera 360 derajat.

Sayang Essential sejak awal bermasalah. Peluncurannya beberapa kali ditunda dan meski akhirnya dijual tahun 2017, area pemasaran sangat terbatas. Akhirnya tercapai hasil kurang mengenakkan, Essential tak laku sesuai harapan. Kini, startup itu praktis tak terdengar lagi gaungnya walau Andy mengindikasikan masih akan meluncurkan smartphone baru.


2. Skandal Seks Saat Bekerja di Google

Ketika Andy Rubin meninggalkan Google pada Oktober 2014, ia dielu-elukan layaknya pahlawan, sebagai pencipta Android. Larry Page, bos besar Google saat itu mengeluarkan pernyataan publik yang memuji Rubin."Dengan Android, Ia menciptakan sesuatu yang sangat luar biasa -- dengan miliaran pengguna yang bahagia," ujar Page saat itu.

Namun ada hal yang diungkap Google ke publik saat itu, yaitu adanya seorang karyawan perempuan Google yang menuduh Rubin melakukan pelecehan seksual kepadanya. Si karyawan itu menyebut Rubin memaksanya untuk melakukan tindakan tak senonoh ke di sebuah kamar hotel pada 2013.

Hal ini diungkap oleh dua orang eksekutif Google yang mengaku mengetahui masalah ini. Selanjutnya, Google pun menginvestigasi tudingan ini dan hasilnya menyebutkan kalau laporan tersebut kredibel, dan Page langsung meminta Rubin untuk mengundurkan diri dari Google.

Rubin membantah telah berbuat tidak senonoh. "Secara spesifik, saya tak pernah memaksa seorang perempuan untuk berhubungan seksual di kamar hotel. Tuduhan tak benar ini bagian dari kampanye untuk merusak saya selama masa penyelesaian perceraian saya dan perebutan hak asuh," sebutnya ketika itu.

3. Dituduh Istri Soal Wanita Simpanan

Mantan istri Rubin, Rie Hirabaru Rubin, dalam dokumen peradilan yang ia daftarkan pada Oktober 2018 menuding Rubin dan pengacara Stephen M Peter membuatnya kehilangan jutaan dolar karena dipaksa menandatangani perjanjian pranikah palsu dan menyesatkan.

Dalam gugatannya itu, Rie menyebut ia juga terlambat menyadari kecenderungan seks menyimpang dari mantan suaminya itu. Yaitu setelah ia menemukan sebuah email yang dikirimkan Rubin ke sejumlah perempuan.


Rubin, menurut Rie, disebut mempunyai setidaknya lima wanita simpanan, yang satu di antaranya disebut mempunyai inisial 'M'. M inilah yang menurut Rie bekerja sama dengan Rubin untuk membuat sebuah jaringan seks.

Rie juga meminta hakim untuk membatalkan perjanjian pranikah yang ia tanda tangani, dan membuatnya berhak mendapat uang sebanyak USD 350 juta yang disembunyikan mantan suaminya itu selama mereka masih menikah.

Simak Video "Andy Rubin si Bapak Android Kembali Tersandung Skandal Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)