Kamis, 04 Jul 2019 19:55 WIB

Pelaku Penyiraman terhadap CEO Google-nya China Ditangkap

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pendiri Google-nya China disiram air. Foto: istimewa Pendiri Google-nya China disiram air. Foto: istimewa
Beijing - Ulah seorang pria menyiramkan sebotol air ke kepala CEO Baidu, Robin Li, berujung runyam. Ia dipastikan telah ditangkap oleh kepolisian China.

Pelaku yang tak disebut identitasnya itu adalah salah satu dari 7.000 hadirin yang menyaksikan presentasi Robin di Beijing, di mana ia membicarakan soal Artificial Intelligence (AI) dan mobil otonom. Mendadak ia ke panggung dan menuangkan botol air ke kepala Robin.

Baidu kemudian mengutuk kejadian itu dan melaporkannya pada polisi setempat. Wajar saja, Robin adalah pucuk pimpinan mereka dan acara itu diliput luas oleh media.




"Jika masyarakat kita menoleransi sikap ekstrem semacam ini, hal serupa bisa terulang di even dan konferensi masa depan dan setiap orang di event publik bisa jadi sasaran potensial," kata Baidu.

Dikutip detikINET dari Caixing Global, polisi dengan cepat menangkap pelaku. Ia sekarang ditahan dengan durasi sampai 5 hari karena melakukan provokasi.

Beberapa hari sebelum insiden ini, seorang pengguna Weibo dengan nama online Zhinanshangshu mengumbar rencananya untuk mempermalukan Robin. "Apa yang akan terjadi jika aku menyiramkan air ke kepala bosmu?" tulisnya. Ia pun diduga sebagai pelakunya.

Robin adalah pendiri dan CEO Baidu, mesin pencari yang sering dijuluki Google-nya China yang dominan dipakai di Negeri Tirai Bambu dengan pangsa pasar 70%. Saat ini, Baidu fokus di bisnis AI dengan investasi miliaran dolar dan mengembangkan mobil otomatis.




Simak Video "Google Pengin Lebih Banyak Pekerjakan Karyawan Perempuan "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)