Selasa, 02 Jul 2019 22:10 WIB

10 Alternatif IDM yang Gratis untuk Windows dan Mac

Virgina Maulita Putri - detikInet
10 Alternatif IDM yang Gratis untuk Windows dan Mac Foto: GettyImages 10 Alternatif IDM yang Gratis untuk Windows dan Mac Foto: GettyImages
Jakarta - Internet Download Manager atau yang biasa disingkat menjadi IDM merupakan salah satu aplikasi downloader atau pengunduh yang paling populer di jagat maya. Aplikasi ini memang sangat memudahkan pengguna internet untuk mengunduh berbagai jenis file dengan hanya beberapa klik saja dengan kecepatan tinggi.

Tapi, saat ini IDM merupakan aplikasi berbayar yang mungkin buat beberapa orang sulit dijangkau. Penasaran ingin tahu apa saja alternatif IDM yang bisa didapatkan dengan gratis? Yuk simak daftar berikut ini.



1. Free Download Manager

Sesuai namanya, Free Download Manager bisa diunduh dengan gratis. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang serupa dengan IDM seperti pause download, melanjutkan download yang rusak, mengatur file unduhan dan berbagai fitur lainnya. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac.

2. Eagle Get

Eagle Get saat ini baru tersedia dalam versi Windows. Tapi fitur-fiturnya sangatlah lengkap mulai dari menjadwalkan download, download dengan memecah file agar lebih cepat, bahkan ada juga fitur malware checker.

3. Download Ninja

Download Ninja dapat diakses dalam bentuk ekstensi Chrome, bukan sebagai aplikasi tersendiri. Fitur-fiturnya terbilang standar seperti resume, pause dan mempercepat download.

4. Internet Download Accelerator

Internet Download Accelerator sekilas terlihat mirip dengan tampilan IDM zaman dulu. Tapi walau antarmukanya terbilang sederhana, fiturnya cukup kaya mulai dari mempercepat download hingga menjadwalkan komputer untuk mati setelah download selesai.

5. Download Accelerator Plus

Download Accelerator Plus termasuk salah satu alternatif IDM yang cukup populer. Selain sebagai downloader biasa yang kaya fitur, aplikasi ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah video MP4 yang baru diunduh menjadi MP3.

10 Alternatif IDM yang Gratis untuk Windows dan Mac10 Alternatif IDM yang Gratis untuk Windows dan Mac Foto: istimewa


6. Jdownloader

Salah satu alternatif IDM paling populer yang juga merupakan program open source sehingga bisa digunakan dengan gratis. Selain sebagai aplikasi downloader biasa, Jdownloader memiliki satu fitur unik yaitu bisa menyelesaikan kode Captcha sendiri.

7. iGetter

Setelah tadi kita membahas alternatif untuk Windows, sekarang kita beralih ke alternatif IDM untuk Mac. Salah satunya adalah iGetter. Walau antarmukanya sedikit tidak intuitif, iGetter memiliki fitur unggulan berupa level kustomisasi untuk download yang beragam.

8. Download Shuttle

Untuk kalian yang mencari download manager untuk Mac dengan antarmuka yang sederhana, Download Shuttle bisa menjadi pilihan. Walaupun fiturnya tidak sekayan downloader lain, aplikasi ini tetap menjalankan fungsi dasarnya dengan baik.

9. Progressive Downloader

Progressive Downloader merupakan downloader yang cukup advanced dan direkomendasikan untuk pengguna profesional. Sayangnya, kecepatan download secara keseluruhan kurang mengesankan.

10. Folx

Folx dapat diunduh dengan gratis dan fitur dasarnya termasuk serupa dengan fitur dasar IDM. Tapi jika kalian ingin fitur yang lebih advanced seperti kemampuan download torrent, integrasi dengan iTunes dan fitur-fitur lainnya tersedia versi Pro yang bisa diunduh dengan membayar USD 19.95.

Simak Video "Survei IDM: Elektabilitas Prabowo 39,2%, Jokowi 21,3%"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)