Selasa, 02 Jul 2019 19:12 WIB

Netizen Heboh, Ini Emoji Berdoa atau Tosan?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Makna emoji ini jadi perdebatan. Foto: Emojipedia Makna emoji ini jadi perdebatan. Foto: Emojipedia
Jakarta - Emoji kerap digunakan untuk berkirim pesan supaya lebih asyik dan berwarna. Tapi belakangan, banyak netizen yang kebingungan mengenai maksud dari emoji dua telapak tangan yang menyatu yang kerap digunakan pada media sosial. Itu emoji sedang berdoa atau lagi tos-tosan ya?

"Gue udah tau dari awal itu emoji high five haha, cuma karena banyak yang make buat doa jadi gue ikutin aja," ujar Zizu (24) karyawan swasta saat dimintai pendapatnya mengenai emoji tersebut.

Jadi jawabannya apa?


Media sosial Apple, Twitter, dan WhatsApp belum menanggapi pertanyaan tentang makna di balik emoji ini, namun beberapa orang angkat suara mengenai keributan tersebut. Salah satunya Keith Broni, seorang peneliti emoji senior di situs web Emojipedia.

"Itu maksudnya seperti menyatukan kedua telapak tangan secara individual, dan bukan tosan," ujar Keith Broni kepada Anadolu Agency (AA).

Sejarah sebenarnya cukup menjelaskan mengenai makna dari emoji tersebut. Masih menurut Emojipedia, emoji tangan disatukan muncul dari desain emoji sebelumnya yang menampilkan seseorang dalam pose dengan telapak tangan disatukan, kepala tertunduk, dan mata tertutup. Setelah Apple mengadopsi emoji tangan tersebut, yang masuk hanya gambar tangannya.

Akan tetapi makna emoji itu bisa begitu luas bagi beberapa budaya tertentu. Misalnya di Jepang, emoji 🙏🏻 dimaknakan sebagai ucapan 'itadakimasu' sebelum makan. Sedangkan di sapaan Hindu bisa diartikan sebagai 'namaste'. Di Asia sendiri kerap diartikan sebagai 'permohonan maaf' atau 'izin'.


"Saya melihatnya ke arah berdoa tapi lebih seperti ekspresi bersyukur," ujar Ahmed Swadek (26) analis bisnis, kepada Anadolu Agency.

"Kalau Saya minta tolong ke seseorang dan ia melakukannya, saya akan bilang 'terima kasih, kamu memang yang terbaik' disertai emoji 🙏🏻," tuturnya.

Nah kalau kalian ineters, memaknai emoji ini sebagai tanda apa? Berdoa, tosan, atau minta maaf?

Simak Video "Siap-siap! Apple Akan Rilis Emoji Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)