Senin, 01 Jul 2019 17:45 WIB

Frustrasi pada Tim Cook Bikin Jony Ive Hengkang dari Apple?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Apple Foto: Apple
Jakarta - Hengkangnya bos desain Apple, Jony Ive, yang begitu mendadak dibayangi kabar tidak sedap. Kabarnya dia putus asa dengan CEO Apple Tim Cook.

Laporan dari Wall Street Journal mengungkap hubungan antara Ive dan Tim Cook tidak terlalu baik. Malah sering kali terjadi ketidakcocokan di tempat kerja.




Kabar ini menguatkan laporan Bloomberg pada pekan lalu. Disebutkan tim desain Apple makin merasa frustrasi karena Ive sering absen. Puncaknya saat Apple Watch diumumkan pada 2015, pria asal Inggris itu tidak hadir dalam acara peluncuran.

Ketidakhadiran Ive menciptakan ketegangan dalam tim desain. Imbasnya membuat beberapa anggota kunci grup keluar dari Apple dalam beberapa tahun terakhir.


Frustasi Pada Tim Cook Bikin Jony Ive Hengkang dari Apple?Foto: /Getty Images

Sumber WSJ mengatakan, Ive makin merasa tertekan karena Tim Cook tidak peduli dengan proses desain produk, lebih pada pendapatan. Ini berbeda sekali saat dipimpin Steve Jobs, Apple selalu menempatkan desain di atas segalanya.

Selain itu, Ive semakin frustrasi melihat dewan direksi Apple memiliki banyak eksekutif dengan pengalaman kerja yang tidak terkait dengan bisnis inti perusahaan.

Karena sering kali terjadi perbedaan pandangan antara Ive dan dewan Apple. Misalnya soal Apple Watch, Ive berpendapat perangkat ini dijual sebagai aksesori fesyen dan bukan perpanjangan iPhone.




Hingga pada akhirnya Ive memutuskan untuk mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan perusahaan desain sendiri bernama LoveFrom. Apple disebutkan bakal menjadi salah satu mitra utamanya. Perusahan yang bermarkas di Cupertino itu juga diperkirakan bakal membayar LoveFrom jutaan dolar setiap tahun untuk membantu desain produk mereka.




Simak Video "Perancang iPhone Jony Ive Hengkang dari Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/krs)