Jumat, 28 Jun 2019 13:37 WIB

Kereta Penuh atau Tidak? Google Maps Punya Informasinya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi KRL. Foto: Lamhot Aritonang Ilustrasi KRL. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Google terus menambah fitur ke dalam layanan peta digital mereka, yaitu Maps. Fitur terbarunya adalah memprediksi penuh atau tidaknya sebuah kereta.

Fitur ini bakal berguna untuk para pengguna kereta untuk mengetahui seberapa penuh kereta saat itu. Tak cuma kereta, Maps pun bakal bisa memprediksi tingkat kepadatan sarana transportasi lain seperti bis.

Jadi, nantinya pengguna Maps bakal bisa memilih untuk naik kereta (atau bis) saat itu, atau menunggu kereta selanjutnya atau sampai tingkat kepadatannya berkurang, demikian dikutip detikINET dari The Next Web, Jumat (28/6/2019).


Prediksi ini bisa diberikan Google melalui informasi yang mereka kumpulkan selama beberapa bulan ke belakang. Informasi tersebut didapat dengan menanyakan ke pengguna bis dan kereta mengenai tingkat kepadatan sarana transportasi tersebut.

Ada beberapa opsi jawaban yang tersedia dari pertanyaan tersebut, seperti banyak kursi kosong, beberapa kursi kosong, hanya ada tempat berdiri, atau ada tempat berdiri namun berdesakan.

Kini, setelah mereka merasa cukup mengumpulkan data tersebut, Maps pun bisa memberikan prediksi tersebut. Menurut Google, fitur ini akan tersedia di 200 kota di seluruh dunia mulai hari ini, meski belum disebutkan kota apa saja yang bisa menikmati fitur baru tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Google menawarkan fitur semacam ini. Sebelumnya Google juga menawarkan fitur serupa untuk memprediksi tingkat kepadatan di sebuah restoran atau toko ritel.

Kereta Penuh atau Tidak? Google Maps Punya InformasinyaFoto: Dok. Google




Simak Video "Google Maps Usung AR Agar Pengguna Tak Mudah Tersasar"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com