Kamis, 27 Jun 2019 11:51 WIB

Ditinggali Bill Gates dan Jeff Bezos, Kota Ini Malah Miskin

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rumah Bill Gates di Medina. Foto: Istimewa/Businessinsider.sg Rumah Bill Gates di Medina. Foto: Istimewa/Businessinsider.sg
Washington - Jeff Bezos dan Bill Gates adalah dua orang terkaya di dunia, dengan masing-masing harta mereka di kisaran USD 119 miliar dan USD 107 miliar. Tapi lokasi di mana mereka tinggal malah 'miskin'.

Baik Amazon yang didirikan Bezos dan Microsoft yang dilahirkan Gates, kantor pusatnya berada di sekitar Seattle, Washington. Nah, rumah super mewah mereka juga berlokasi di tempat yang sama, yaitu di kota kecil bernama Medina di dekat Seattle.

Dengan populasi hanya 3.000 orang, Medina sebenarnya termasuk wilayah terkaya di Amerika Serikat. Harga rumah rata-rata tembus USD 2,77 juta. Adapun pendapatan rata-rata tahun 2017 di kisaran USD 186.464, jauh lebih tinggi dari pendapatan rata-rata warga AS sebesar USD 60.336.


Namun demikian ironisnya, pemerintah kota itu ternyata kekurangan uang. Bakan, mereka terancam tidak dapat melayani warga dengan maksimal karenanya. Apa penyebabnya?

Rupanya meski banyak properti mewah, pemerintah lokal tidak bisa sembarangan menaikkan pajak. Dikutip detikINET dari USA Today, jika kenaikan lebih dari 1%, harus ada persetujuan dari warga. Itupun pemerintah kota tidak menerima semuanya karena sudah terbagi pada hal-hal lain.

Pada tahun 2019, Medina hanya punya pendapatan USD 2,8 juta dari pajak rumah, yang tidak bisa menutupi pengeluaran yang terus meningkat. "Layanan pemadam kebakaran saja terus meningkat harganya," sebut newsletter kota Medina.


Jika situasinya terus seperti itu, kota Medina akan mengalami defisit USD 500 ribu pada tahun 2020. Pada tahun 2025, defisit akan tembus USD 3,3 juta. Maka sebagai solusi, mereka mengusulkan agar pajak properti bisa ditingkatkan.

Rumah Bill Gates di Medina yang disebut Xanadu ukurannya mencapai 6.100 meter persegi dan mungkin properti termewah di kota itu. Sedang Bezos pada tahun 1998 membeli rumah mewah 5,5 hektar di sana senilai USD 10 juta. Bezos kemudian membeli properti lain di sekeliling rumah itu dan sekarang nilainya jadi sekitar USD 70 juta. (fyk/krs)