Rabu, 26 Jun 2019 14:03 WIB

5 Fakta YouTuber Etika yang Ditemukan Meninggal Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
5 Fakta YouTuber Etika yang Ditemukan Meninggal Dunia Foto: Dok. Instagram/etika 5 Fakta YouTuber Etika yang Ditemukan Meninggal Dunia Foto: Dok. Instagram/etika
Jakarta - YouTuber ternama Daniel Desmond Amofah, atau yang lebih dikenal dengan nama Etika, baru saja ditemukan meninggal dunia di usia 29 tahun setelah menghilang selama seminggu. Kepolisian New York memastikan identitas jenazah yang ditemukan di East River, New York, AS pada hari Senin (24/6) malam merupakan Etika.

Walau namanya tidak setenar YouTuber game lain seperti PewDiePie, Etika merupakan salah satu YouTuber yang populer di kalangan gamer. Berikut lima fakta penting tentang Etika yang dilansir detikINET dari berbagai sumber.




1. Terkenal dengan Konten Terkait Nintendo

Etika lahir di Brooklyn, New York, AS pada 29 tahun yang lalu. Ia mulai mengunggah video ke akun YouTube-nya pada tahun 2012. Video yang ia unggah biasanya memperlihatkan Etika memainkan game Nintendo seperti Super Smash Bros dan mengomentarinya.

Dalam waktu tujuh tahun, ia berhasil mendapatkan lebih dari 800.000 follower setia di YouTube dan Switch. Ia memanggil pengikutnya dengan sebutan JoyCon Boyz, mengikuti nama kontroler yang digunakan di konsol Nintendo Switch.

Video gaming yang ia unggah di YouTube biasanya mendapatkan lebih dari satu juta views. Selain YouTube, ia juga memiliki akun Instagram dengan 255 ribu follower dan akun Twitter dengan 314 ribu follower.

2. Memiliki Masalah Kesehatan Mental

Etika memiliki sejarah yang panjang dengan masalah kesehatan mental. Ia mulai terlihat mengalami masalah kesehatan mental pada bulan Oktober lalu, ketika ia mengunggah video porno ke kanal YouTube-nya yang merupakan bentuk pelanggaran panduan kebijakan YouTube.

Akibatnya, kanalnya yang saat itu telah memiliki ratusan ribu subscriber dimatikan oleh YouTube. Etika pun mengungkapkan keinginannya untuk bunuh diri di forum internet Reddit.

Pada bulan April 2019, Etika ditahan oleh kepolisian karena mengancam akan bunuh diri di apartemennya lewat Twitter. Ia bahkan mengunggah fotonya dengan sebuah senjata api. Insiden ini berujung pada dimasukkannya Etika ke bangsal psikiatrik di sebuah rumah sakit.

Pada bulan Mei 2019 Etika kembali berurusan dengan polisi setelah ia terlibat dalam keributan dengan polisi yang kembali berujung pada dimasukkannya Etika ke rumah sakit.

3. Video Selamat Tinggalnya Dihapus Oleh YouTube

Video terakhir yang diunggah oleh Etika berjudul "I'm Sorry" yang ia unggah di kanal YouTube keduanya TR1Iceman. Dalam video berdurasi delapan menit tersebut ia membicarakan pikirannya untuk bunuh diri sambil berjalan mengelilingi kota Manhattan. Setelah mengungga video tersebut, Etika mendadak hilang dan masuk dalam daftar orang hilang.

Pada tanggal 20 Juni, video tersebut langsung dihapus oleh YouTube karena isinya yang dianggap melanggar ketentuan platform-nya, tapi followernya sempat menyimpan klip dari video tersebut dan menyebarkannya di Twitter.

Pada tanggal 22 Juni, barang-barang Etika ditemukan dekat Manhattan Bridge. Barang-barang yang ditemukan termasuk SIM, dompet, smartphone, Nintendo Switch dan tas laptop. Dua hari setelah barang-barangnya ditemukan, jenazah Etika ditemukan oleh polisi.



4. Ancaman Bunuh Dirinya Sempat Dikira Hoax

Karena Etika sebelumnya pernah berkali-kali mengancam ingin bunuh diri, banyak follower-nya yang sempat menganggap video terakhirnya merupakan hoax. Follower-nya pun semakin bingung karena setelah mengunggah video terakhirnya Etika mendadak menghilang.



Apalagi Etika lewat akun Twitter-nya pernah bertanya kepada follower-nya kapan waktu yang tepat untuk ia mengalami gangguan mental berikutnya. Ketika seorang follower-nya menjawab dengan 20 Juni, Etika mengatakan ia akan menaruh tanggal tersebut di agendanya. Sehingga Etika terlihat sudah merencanakan semuanya.

5. Kepergiannya Dikenang oleh Follower dan YouTuber Lain

Setelah Kepolisian New York memastikan Etika telah meninggal dunia, pengikutnya di Twitter pun berduka. Nama Etika pun sempat trending di Twitter dan Google Trends. Banyak dari pengikutnya yang kemudian mengganti nama profilnya menjadi JoyCon Boyz sebagai tribut kepada Etika.

YouTuber dan kreator lainnya juga menunjukkan rasa duka cita mereka lewat Twitter. Seperti YouTuber Daniel "Keemstar" Keem dan Pika yang mengunggah video Etika di akun Twitter-nya.





(vmp/krs)