Selasa, 25 Jun 2019 18:05 WIB

Tips Sukses Ekstrem Bill Gates: Lupakan Weekend dan Liburan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates muda. Foto: Facebook Bill Gates muda. Foto: Facebook
Jakarta - Kesuksesan membutuhkan kerja keras. Itulah yang dialami dan diyakini oleh Bill Gates, sang pendiri Microsoft. Lupakan liburan atau weekend jika ingin membangun startup yang berujung pada kesuksesan.

Pada masa mudanya, Gates selalu bekerja sampai larut malam, menginap di kantor dan bahkan tak pernah liburan. Saat inipun, ia meyakini metode semacam itu tetap relevan.

"Aku dulu tak mempercayai weekend, tak percaya liburan. Tapi ya, aku memiliki pandangan yang cukup keras bahwa harus ada pengorbanan yang sangat besar yang harus dibuat pada masa-masa awal itu," kata Gates yang dikutip detikINET dari Market Watch.




Barulah pada umur 30-an tahun, ketika Microsoft telah jaya, Gates mulai menikmati istirahat di akhir pekan ataupun berwisata. Kerja kerasnya sudah terbayar.

Mendiang Paul Allen, sesama pendiri Microsoft, pernah menceritakan betapa Gates gila bekerja sehingga jarang kemana-mana. Gates rela terjaga sepanjang malam dan juga di weekend demi membesarkan Microsoft.

"Kami kadang membicarakan bagaimana Bill tidur di karpet kantor. Sekretaris yang datang akan melihat kaki Bill menyembul. Kami sangatlah hard core," kisah Allen.

"Aktivitas rekreasi kami hanyalah nonton film. Dan kemudian kami akan melakukan pemrograman sampai jam 2, jam 3 atau jam 4 pagi lalu bangun kesiangan dan melakukannya seperti itu lagi. Itu saat-saat menyenangkan," tambahnya.




Tak cuma itu, beberapa waktu lalu Gates mengungkap bahwa pernah selama 5 tahun dia memutuskan untuk puasa mendengarkan musik dan nonton televisi. Rupanya tak menikmati musik dan acara televisi adalah salah satu pengorbanannya demi membesarkan Microsoft.

"Kedengarannya memang ekstrim, tapi aku melakukannya karena kupikir kegiatan tersebut bakal mengalihkan perhatianku dari software" kisah orang yang langganan terkaya di dunia itu.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed