12 Aplikasi Edit Video untuk PC, Gratis Lho!

12 Aplikasi Edit Video untuk PC, Gratis Lho!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 25 Jun 2019 17:26 WIB
12 Aplikasi Edit Video untuk PC, Gratis Lho! Foto: GettyImages
Jakarta - Beberapa orang mengeluhkan aplikasi edit video untuk PC yang populer berharga mahal. Padahal konten video saat ini sudah banyak yang gratis.

Nah, buat kalian yang masih ingin mencoba video editing, atau untuk kalangan profesional yang sedang mencari alternatif lain, jangan khawatir. Di luar sana masih banyak aplikasi edit video untuk PC yang bisa digunakan dengan gratis.

Berikut ini, detikINET telah merangkum 12 aplikasi edit video untuk PC yang serbaguna dari berbagai sumber. Yuk simak terus untuk mencari aplikasi edit video yang cocok untuk kalian.




1. Blender

Blender merupakan salah satu software untuk edit video terbaik yang tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi ini merupakan program open source yang sepenuhnya gratis untuk digunakan.

Walaupun dirancang untuk animasi 3D, tetapi fitur edit videonya juga cukup lengkap. Mulai dari fitur sederhana seperti memotong video, hingga fitur yang lebih rumit seperti video masking bisa dilakukan dengan mudah. Ini menjadikan Blender aplikasi video editor yang cocok untuk pengguna pemula maupun profesional.

2. AVS Video Editor

AVS tergolong sebagai aplikasi yang tidak banyak memakan tempat dan cukup ringan untuk digunakan. Fitur unggulannya adalah Video Cache yang memungkinkan kalian untuk mengedit video Full HD dengan mudah, cepat, dan tanpa hambatan. Fitur dasar lainnya antara lain memotong video, menaruh teks, menyematkan audio, dan 300 efek dan transisi yang bisa digunakan.

3. Freemake Video Converter

Freemake sesungguhnya dirancang sebagai aplikasi untuk mengubah format video, tapi aplikasi ini juga bisa digunakan melakukan editing sederhana. Fitur editingnya bisa digunakan untuk memotong, menggabungkan dan merotasi video. Tapi keunggulannya memang lebih sebagai converter, aplikasi ini bisa mengkonversi lebih dari 500 format file video.

4. Lightworks

Lightworks merupakan salah satu aplikasi edit video dengan fitur yang cukup lengkap dan tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Beberapa fitur yang tersedia antara lain memotong video dengan presisi, dukungan untuk multicam, dan dukungan untuk banyak format video. Ada juga versi profesionalnya dengan fitur yang lebih lengkap dengan harga USD 25 per bulan.

5. HitFilm Express

Buat profesional yang mencari alternatif video editor yang gratis, HitFilm Express bisa menjadi pilihan. Selain fitur-fitur dasar seperti memotong video dan editing audio, HitFilm juga menyediakan lebih dari 180 efek khusus.

Selain itu, ada juga fitur-fitur seperti filter untuk audio dan video, compositing tools, layers, dan masking serta dukungan untuk video 3D. Untuk kalian yang ingin belajar sesuatu yang lebih rumit, ada juga tutorial yang bisa dimanfaatkan.

12 Aplikasi Edit Video untuk PC, Gratis Lho!12 Aplikasi Edit Video untuk PC, Gratis Lho! Foto: Screenshot iMovie


6. iMovie

Pengguna Mac pasti sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasinya yang sangat intuitif dan mudah dipakai membuatnya menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang ingin mempelajari dasar video editing. Tapi, karena fiturnya masih terbilang dasar, pengguna profesional mungkin merasa fitur di iMovie sedikit terbatas.

7. Machete Lite

Aplikasi ini merupakan salah satu video editor paling ringan dan paling mudah untuk digunakan. Machete Lite cukup jika kalian hanya membutuhkan aplikasi edit video dengan fitur mendasar seperti untuk memotong video. Sayangnya versi gratis aplikasi ini hanya mendukung video dengan format AVI dan WMV.

8. VideoPad

VideoPad merupakan salah satu aplikasi yang patut dipertimbangkan jika kalian ingin menjajal dunia video editing atau sedang mencoba menjadi YouTuber. Beberapa fiturnya antara lain beberapa transisi pre-made, bisa mengekspor video dalam berbagai resolusi, edit video 3D, mengurangi goyangan kamera, dan berbagai efek suara.



9. Openshot

Openshot merupakan aplikasi edit video yang open source. Tampilannya sedikit mengingatkan pada iMovie, tapi Openshot memiliki fitur yang jauh lebih lengkap. Beberapa fitur yang dimiliki Openshot antara lain compositing, clip resizing, advanced timeline, dan masih banyak lagi.

10. Avidemux

Avidemux merupakan aplikasi edit video yang cocok untuk pemula karena antarmukanya yang terbilang sederhana dan mudah digunakan. Fiturnya pun terbilang mendasar, seperti memotong video, encoding, dan filtering.

11. VSDC Free Video Editor

Aplikasi edit video ini termasuk salah satu yang terbaik, tapi sayangnya hanya tersedia untuk Windows. Walaupun gratis, fitur-fiturnya terbilang cukup lengkap termasuk memperbaiki warna dan edit audio.

12. Shotcut

Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Sama seperti Blender dan Openshot, aplikasi ini termasuk program open source. Aplikasi edit video untuk PC ini mendukung beragam format video, bahkan mendukung video dengan resolusi hingga 4K HD.


(vmp/krs)