Selasa, 25 Jun 2019 17:10 WIB

6 Hal Terlarang Dilakukan di Medsos Saat Mau Traveling ke AS

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Amerika Serikat (AS) secara resmi mewajibkan pencantuman akun media sosial (medsos) yang digunakan dalam 5 tahun terakhir bagi para pemohon visa. Jadi, kalian yang mau traveling ke AS, harus lebih 'apik' dengan medsos kalian.

Jadi, pada formulir elektronik D-160 dan D260 untuk permohonan visa AS, pemohon visa akan menemukan drop down menu medsos apa saja yang digunakan beserta nama akunnya.




Ada pun medsos yang disebutkan dalam aturan ini meliputi Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Google+, LinkedIn, MySpace, Pinterest, Tumblr, Reddit, Vine, Flickr. Pemerintah AS turut memasukan daftar akun Weibo, Youku, QQ, Twoo, Douban, VK dan Ask.fm.

Hingga saat ini memang baru sebagian kecil pemohon visa yang diminta memberikan akun medsos untuk formulir permohonan visanya.

Yang jelas, dengan berlakunya aturan tersebut, kalian harus lebih hati-hati dengan medsos kalian saat akan pergi ke AS. Setidaknya, hindari 6 hal berikut ini, seperti dikutip dari GadgetsNow, Selasa (25/6/2019):

1. Hindari postingan tentang politik

Ini termasuk postingan dalam bentuk apapun, retweet dan meme tentang figur politik dan segala hal terkait anti-AS.

2. Jauhi kekerasan

Postingan yang mempromosikan segala bentuk kekerasan dan diskriminasi terhadap sebuah kelompok orang bisa jadi bumerang dan menurunkan peluang kalian lolos mendapat visa AS.

3. Jangan posting 'berpesta'

Postingan yang memperlihatkan alkohol, obat-obatan dan rokok sambil berpesta di sebuah klub kabarnya juga bisa mempengaruhi peluang mendapatkan visa AS.

4. Tak perlu cerita tentang 'menetap' di AS

Otoritas AS tidak terlalu tertarik pada siswa yang menetap di sebuah negara. Jadi untuk amannya lebih baik jaim alias jaga image saja.

5. Hindari konten negatif seperti marah-marah atau cabul

Seperti di dunia nyata, tentunya orang yang berpikiran negatif sulit disukai. Bersikap baiklah dengan wajar tanpa harus berpura-pura.

6. Jangan menyeting akun jadi private

Terakhir, tak perlu menghapus-hapus postingan dan jangan menyeting akun jadi private. Hal ini hanya akan membuat akun kalian terlihat mencurigakan.

Itu dia 6 hal yang sebaiknya kalian hindari ketika akan mengajukan visa AS. Di luar itu, menjaga akun medsos kalian dari postingan yang kurang baik juga bermanfaat kalian akan melamar kerja atau melamar ke sebuah universitas.




Pasalnya, saat ini sudah banyak perusahaan dan kampus yang melakukan screening lewat medsos dalam perekrutan pekerja atau mahasiswa baru. Medsos kalian jadi salah satu 'jendela' untuk tahu tentang kalian.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed