Jumat, 21 Jun 2019 21:48 WIB

Kecanduan Gadget Bisa Bikin Manusia Zaman Now Punya 'Tanduk'?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Atsushi Tomura/Getty Images Foto: Atsushi Tomura/Getty Images
Jakarta - Di era digital zaman now, kecanduan gadget adalah salah satu kerisauan yang ikut hadir. Padahal kecanduan gadget diduga bisa mengubah struktur tulang manusia, memunculkan tonjolan bagai "tanduk".

Dilansir Ubergizmo, Jumat (21/6/2019), penelitian yang dilakukan ilmuwan David Shahar dan Mark G. L. Sayers dari University of the Sunshine Coast di Queensland, Australia, menemukan adanya tonjolan tulang seperti "tanduk" di pangkal tengkorak manusia modern.

Kondisi itu dikenal dengan sebutan External Occipital Protuberance (EOP) dan terjadi pada mereka yang berusia antara 18 tahun hingga 30 tahun. Para ilmuwan ini pun memperlihatkan contoh tonjolan tersebut pada seorang pria berusia 28 tahun yang punya "tanduk" sepanjang 27,88 mm pada pangkal tengkoraknya.




Belum diketahui secara pasti alasan tumbuhnya tonjolan "tanduk" tersebut. Sejauh ini, ilmuwan menduga hal itu dikarenakan orang-orang banyak menghabiskan banyak waktu untuk menunduk menatap layar gadget sehingga menyebabkan ketegangan pada leher.

"Kami berhipotesis kalau EOP ini berhubungan dengan kecenderungan yang berkelanjutan dengan kemunculan dan penggunaan teknologi genggam, seperti smartphone dan tablet," kata peneliti tersebut seperti dikutip dari Ubergizmo, Jumat (21/6/2019).

Temuan tonjolan di pangkal tulang tengkorak manusia modern ini untungnya disebut jarang memicu masalah kesehatan. Tetapi ini paling tidak mengingatkan akan pentingnya menjaga postur yang baik saat main gadget.

(agt/krs)