Jumat, 21 Jun 2019 17:45 WIB

Facebook 'Paksa' Karyawan WhatsApp Ganti Email, Kenapa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Getty Images Ilustrasi. Foto: Getty Images
Jakarta - Selama ini rupanya karyawan Facebook, WhatsApp, Instagram sampai Oculus punya alamat email yang berbeda-beda. Kebijakan baru pun dikeluarkan Facebook dengan meminta mereka semua mengadopsi email hanya di @fb.com.

Kenapa karyawan WhatsApp sampai Oculus diminta demikian? Alasannya adalah untuk lebih menyatukan merek Facebook sekaligus membuat orang semakin mengerti bahwa karyawan WhatsApp atau Instagram berada di bawah naungan Facebook.

Antonio Lucio selaku Global Chief Marketing Officer Facebook membenarkan bahwa email yang berakhiran di @instagram, @whatsapp dan @oculus akan bertransisi ke @fb.com dalam beberapa bulan.




"Kami ingin secara signifikan lebih proaktif agar orang-orang tahu jika semua aplikasi tersebut adalah bagian dari keluarga yang sama, termasuk juga Oculus," kata Lucio yang dikutip detikINET dari Daily Dot.

Penyatuan email tersebut mungkin juga terkait dengan rencana integrasi Facebook, Instagram dan WhatsApp yang di masa depan akan bisa saling berkirim pesan.

Akan tetapi, "pemaksaan" berganti email tak menutup kemungkinan akan menimbulkan friksi, khususnya dari karyawan WhatsApp yang dikenal vokal. Belum lama ini, mereka dikabarkan menentang rencana integrasi WhatsApp dengan Facebook.



"Lusinan pegawai WhatsApp melawan Zuckerberg soal rencana integrasi dalam pesan internal dan dalam meeting yang dilakukan pada bulan Desember," sebut New York Times.

Jika diruntut lagi, campur tangan Facebook yang berlebihan pada WhatsApp membuat kedua pendirinya, Jan Koum dan Brian Acton memutuskan mundur. Brian malah pernah menngajak orang untuk menghapus Facebook dengan postingan 'delete Facebook' di akun Twitter-nya.


Tonton juga video Mark Zuckerberg Disarankan Mundur dari CEO Facebook:

[Gambas:Video 20detik]


Facebook 'Paksa' Karyawan WhatsApp Ganti Email, Kenapa?
(fyk/krs)